Amien Rais Katakan PAN Dukung Prabowo, PDI-P Anggap Bukanlah Sikap Resmi

Amien Rais Katakan PAN Dukung Prabowo, PDI-P Anggap Bukanlah Sikap Resmi

            JAKARTA, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto malas menyikapi pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais masalah sikap PAN dalam Penentuan Presiden atau Pilpres 2019.

Terlebih dulu, Amien menyatakan kalau PAN akan mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto jadi calon presiden.

Menurut Hasto, dalam susunan kepengurusan PAN sekarang ini masih tetap terdaftar Zulkifli Hasan jadi ketua umum serta Eddy Soeparno jadi sekjen.

Oleh karenanya, ketentuan organisasi satu partai politik dengan resmi cuma datang dari ketua umum serta sekjen.

” Ya bila kami lihat PAN, ketumnya yaitu Ayah Zulkifli Hasan, sekjennya yaitu Pak Eddy. Dalam rencana organisasi yang kami saksikan dari PAN kan ketentuan organisasi. Jadi, dari Pak Zulkifli, juga dari Sekjen, ” tutur Hasto waktu didapati di kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2018).

Hasto menerangkan, ketentuan untuk mensupport satu diantara pasangan calon dalam Pilpres 2019 oleh tiap-tiap partai mesti lewat mekanisne internal partai.

Baca Juga : Tergoda Menginginkan Buang Sial, JT Tertipu sampai Rp 500 Juta

Satu partai, kata Hasto, mempunyai kedaulatan penuh dalam mengambil keputusan hal itu serta tidak dapat digabungi oleh partai beda.

” Sudah pasti lewat mekanisme organisasi internal di PAN yang mana PDI-P tidak juga akan campur tangan karna tiap-tiap partai kan miliki kedaulatan, ” kata Hasto.

Amien Rais terlebih dulu yakini PAN akan gabung dengan Partai Gerindra serta PKS untuk mengusung Prabowo.

Waktu di tanya sikap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang masih tetap buka pilihan untuk merapat ke kubu Presiden Joko Widodo, Amien menjawab kalau dianya lebih tahu masalah partai dari pada Zukifli.

Amien menyebutkan, semua kader PAN di daerah tidak sudi untuk mengusung Jokowi pada Pemilu Presiden atau Pilpres 2019.

Support by : kompas.com