Basarnas Antisipasi Kecelakaan di Teluk Tomini dan Laut Sulawesi Selama Mudik

GORONTALO – Tubuh SAR Nasional (Basarnas) Gorontalo konsentrasi menghadapi kecelakaan laut di perairan laut Sulawesi serta Teluk Tomini, sepanjang mudik Lebaran.

Karenanya, suatu posko didirikan di Pelabuhan penyeberangan Gorontalo, lokasi pesisir selatan yang ada di Teluk Tomini.

“Kami selalu siaga sembari memonitor jalan raya angkutan penyeberangan serta yang lain yang ada di Teluk Tomini serta Laut Sulawesi, ” kata Kepala Basarnas Gorontalo Muslimin, Jumat (14/6/2018).

Terkecuali posko, di pelabuhan penyeberangan, Basarnas juga membangun serta mengoperasikan 5 posko siaga sepanjang arus mudik serta arus balik Lebaran.

“Fokus pengamanan di sebagian titik, salah satunya pelabuhan laut serta Bandara hawa, ” tutur Muslimin.

Basarnas menitik beratkan pengamanan di pelabuhan ferry lantaran tempat itu jadi gerbang paling utama dari Gorontalo menuju daerah lain seperti Makassar, Pare-pare dan Luwuk, Pagimana, serta banyak daerah yang lain serta demikian sebaliknya.

Untuk pengamanan itu, Basarnas mempersiapkan 67 personel yang diletakkan di sebagian posko. Beberapa personel itu dilengkapi beberapa peralatan yang ideal untuk lakukan gerakan cepat serta perlakuan kecelakaan.

Baca Juga : Menteri LHK: Buang Sampah Sembarangan, Saya Minta Pemudik Ditegur…

Alat paling utama yang diterjunkan untuk pengamanan itu yaitu 3 unit kapal, KN SAR 226 SAMBA, KN SAR 216 serta KN 416, dan 2 unit Rib.

“Angkutan Lebaran mempunyai kepadatan yang lebih tinggi dari umumnya, itu butuh kewaspadaan, ” tutur Muslimin.

Pelabuhan Merak jadi gerbang paling utama beberapa ribu pemudik yang bakal menyeberang ke Pulau Sumatera.