Bawaslu Kaji Laporan dan Aduan soal Hoaks Ratna Sarumpaet

Bawaslu Kaji Laporan serta Aduan masalah Hoax Ra JAKARTA – Ketua Bawaslu RI Abhan menyampaikan, institusinya akan membahas semua laporan serta aduan yang di terima masalah berita bohong atau hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet.

“Kami akan lihat dahulu laporannya apakah? Kami dalami, tekuni dahulu. Kan belumlah tahu laporannya apakah. Yang pasti kami akan tindak lanjuti,” kata Abhan di kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2018).

Bawaslu RI sudah terima beberapa laporan serta aduan pasca-pengakuan aktivis Ratna Sarumpaet yang berbohong masalah penganiayaan pada dianya.

Muka lebamnya dalam photo yang tersebar sebab baru lakukan operasi sedot lemak.

Salah satunya yang menyampaikan ialah team kampanye nasional (TKN) pasangan nomer urut 01 Jokowo-Ma’ruf Amin lewat Direktorat Hukum serta Advokasi Team Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf.

TKN Jokowi-Ma’ruf Amin menyampaikan pendapat pelanggaran persetujuan kampanye damai serta anti-hoaks.

Laporan ini berkaitan kebohongan yang dikerjakan aktivis yang anggota Tubuh Pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ratna Sarumpaet.

Sebelum TKN, ada grup yang menyebut Garda Nasional Untuk Rakyat (GNR).

GNR menyerahkan laporan masalah pendapat kampanye hitam yang dikerjakan Prabowo-Sandiaga lewat penyebaran hoax Ratna Sarumpaet.

“Kami akan lihat laporannya apakah. Kami belumlah dapat berikan rangkuman. Jika pelanggaran administratif, ya gunakan sistem pelanggaran administratif. Jika kelak ada unsur pidana, ya kelak kami akan kaji dengan sentral Gakkumdu (penegakkan hukum terpadu),” tutur Abhan.

Baca Juga : Prabowo: Ratna Sarumpaet Tidak Tahu Kenapa Dia Berbohong

Pada saat kampanye sekarang ini, Abhan mengharap, peserta Pemilu 2019 memakai beberapa cara yang positif.

Dengan begitu akan terwujud kampanye yang memberi pendidikan politik pada rakyat.

“Kami yakin partai politik peserta pemilu serta team kampanye dapat lakukan kampanye yang mendidik. Kampanye yang mematuhi, tidak sama-sama menjelekkan,” lanjut dia.na Sarumpaet