Beberapa ratus Tempat tinggal Rusak Karena Puting Beliung di Bantul

Beberapa ratus Tempat tinggal Rusak Karena Puting Beliung di Bantul

                YOGYAKARTA, Angin puting beliung bukan sekedar mengakibatkan kerusakan tempat tinggal di Kota Yogyakarta, tetapi juga di Kabupaten Bantul. Data sesaat Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mengatakan, ada beberapa ratus tempat tinggal yang rusak.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto menyebutkan, sekurang-kurangnya 101 tempat tinggal rusak karena angin puting beliung. Beberapa besar ada di lokasi Desa Sorowajan, Kecamatan Banguntapan. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

” Data yang masuk 101 tempat tinggal tempat tinggal rusak, 1 tempat beribadah, 1 sarana umum (pos ronda), serta 1 pohon rubuh di Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, ” katanya waktu dihubungi Kompas. com, Selasa (24/4/2018) malam.

Mengenai desa yang terdampak yaitu Desa Banguntapan di dusun Sorowajan Baru. Di dusun itu, 81 tempat tinggal rusak, 1 pos ronda, serta 1 Pohon Rubuh.

Lalu di Dusun Karangjambe tempat tinggal yang rusak menjangkau 7 unit, begitu juga satu tempat beribadah. Lantas di Dusun Sorowajan Lama 3 tempat tinggal rusak.

Baca Juga : Terasa Nama Baik Dicemarkan, Guntur Romli Melapor ke Polda Metro Jaya

Dusun Karangbendo ada 10 tempat tinggal rusak serta di Dusun Cegokan, Desa Wonolelo, 1 pohon rubuh. ” Estimasi rusaknya sesaat Rp 66. 419. 750, ” tuturnya.

Ia menyebutkan, beberapa besar rusaknya pada atap. Sekarang ini tengah diterjunkan petugas tim reaksi cepat untuk membatu orang-orang.

” Tim telah turun mulai sejak sore saat bencana, ” tuturnya.

Pihaknya mengimbau pada orang-orang untuk menghadapi peluang hujan dibarengi angin yang bisa mengakibatkan pohon ataupun baliho rubuh atau rubuh, seperti kurangi dahan pohon yg telah sangat rimbun.

” Mengimbau pada orang-orang untuk bergotong royong jika di sekitaran wilayahnya ada peristiwa kebencanaan, dan malaporkan pada BPBD Kabupaten Bantul, ” ujarnya.

Support by : kompas.com