Besok, KPK Lantik Tiga Pejabat Struktural

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) akan melantik tiga petinggi struktural hasil dari seleksi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menjelaskan, ke-3 tempat jabatan itu ialah direktur penyidikan, direktur monitor, serta kepala biro rencana keuangan.

Gagasannya mereka dilantik seputar jam 10.00 WIB, Kamis (20/9/2018).

“Menjadi ada tiga tempat yang besok akan dilantik. Ini adalah hasil proses seleksi awal mulanya,” tutur Febri di gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/9/3018) malam.

Berkaitan jati diri ke-3 petinggi itu, Febri malas mengutarakan lebih detil. Ke-3 nama itu akan diumumkan waktu pelantikan besok.

“Namanya siapa saya duga besok semakin lebih pas untuk didapati waktu pelantikan,” katanya.

Febri mengutarakan, ada beberapa tingkatan seleksi yang dikerjakan. Tingkatan itu seperti seleksi administrasi, tes kekuatan, kompetensi, bhs, serta kesehatan. Lantas tingkatan akhir lewat interviu dengan pimpinan KPK.

Berkaitan tempat direktur penyidikan, kata Febri, KPK sudah sempat lakukan seleksi sekitar 2x. Karena, pada seleksi pertama tidak ada calon yang penuhi persyaratan yang sudah dipastikan.

“Untuk seleksi pertama itu tidak ada yang dipilih walau telah tiba pada step interviu pimpinan,” katanya.

Sesaat dari step ke-2, beberapa calon ada yang lolos sampai step akhir. Lalu pimpinan KPK memastikan pilihannya dari beberapa calon yang lolos di step akhir.

Salah satunya petinggi struktural KPK yang telah didapati identitasnya ialah direktur penyidikan yang akan dipegang oleh Kombes (Pol) Panca Putra. Ia awal mulanya jadi Wakil Direktur Tindak Pidana Umum (Wadirtipidum) Bareskrim Polri.

Baca Juga : Tahun Depan, AS Batasi Penerimaan Pengungsi Hanya 30.000 Orang

Panca akan dilantik menukar Brigjen (Pol) Aris Budiman.

Kepala Biro Penerangan Penduduk Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo membetulkan akan berita itu.

“Ya benar, nunggu pelantikan serta surat sah dari Sumber Daya Manusia (SDM) Polri,” kata Dedi waktu di konfirmasi lewat pesan singkat, Rabu (19/9/2018).