Data Berlainan, Banyak Paspor WNI Tidak diterima Imigrasi Malaysia

Data Berlainan, Banyak Paspor WNI Tidak diterima Imigrasi Malaysia

             NUNUKAN, Kepala Seksi Lantas Lintas Keimigrasian kantor Imigrasi Nunukan Jumiyo menyebutkan, Imigrasi Negara Malaysia seringkali menampik paspor WNI karena ada ketidaksamaan data perlintasan tersimpan pada data Imigrasi Tawau, Malaysia, dengan paspor yang dibawa TKI waktu juga akan masuk ke Malaysia.

”WNI yang masuk ke Malaysia seringkali memalsukan data diri supaya dapat kembali masuk, hingga saat yang memiliki paspor coba melalui penjagaan Imigrasi Malaysia, data yang keluar jadi atas nama orang yang lain atau bukanlah data aslinya, ” tuturnya di sela-sela aktivitas ” Immigration Border Service Empathy “, Minggu (22/04/2018).

Persoalan itu terkait dengan adanya banyak data warga yang berebeda pada antara KTP, KK, akte lahir, ijazah serta surat nikah.

“Untuk problem ini kami memohon pemohon supaya menyertakan surat referensi dari lembaga berwenang bila menginginkan buat paspor, ” paparnya.

Oleh karena itu, dalam aktivitas ” Immigration Border Service Empathy “, Kantor Imigrasi Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, memberi service pengurusan paspor segera jadi untuk warga yang bertempat di lokasi perbatasan.

Baca Juga : Kapal Rombongan Polisi Terbenam, Wakapolres Labuhanbatu Belum juga Diketemukan

Jumiyo menyebutkan, aktivitas itu ditujukan untuk berikan keringanan pengurusan paspor ataupun cocok lintas batas (PLB) untuk warga yang kesusahan mengurusi dokumen karna jauhnya jarak tempat tinggal mereka dengan kantor imigrasi.

Service di lokasi perbatasan, menurut dia, masih tetap terhalang jaringan internet.

“Kita segera turun memberi service di lokasi perbatasan karna umumnya mereka kesusahan menuju ke kantor imigrasi karna jauh, ” katanya.

Aktivitas ” Immigration Border Service Empathy ” yang dikerjakan di Pos Imigrasi Sei Pancang Kantor Imigrasi Nunukan membidik 50 pengurusan paspor yang segera bikin ditempat.

Tetapi, karna ketertarikan warga cukup tinggi, jadi Kantor Imigrasi Nunukan memberi toleransi pada 48 warga yang datang ke Pos Imigrasi di Sebatik untuk memperoleh service paspor.

Support by : kompas.com