Demokrat Buka Peluang dengan Gerindra, PKS Semakin Yakin 2019 Ganti Presiden

JAKARTA – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) Mardani Ali Sera mengapresiasi langkah Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) yang membuka peluang koalisi dengan Partai Gerindra.

Menurut Mardani, PKS yakin langkah Demokrat ini meningkatkan peluang pergantian kepemimpinan di Pilpres 2019.

“Kalau kami sih melihat makin banyak yang bergabung, semakin yakin 2019 Ganti Presiden, he-he-he,” kata Mardani kepada Kompas.com, Selasa (24/7/2018).

Mardani mengapresiasi pertemuan SBY dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang baru mengumumkan peluang koalisi.

Sebab, hal itu merupakan bagian penjajakan koalisi yang bijak dalam menentukan pasangan capres-cawapres ke depannya.

“Tentu urut-urutannya kan partai-partai ini mengumumkan koalisi, baru kemudian kita membahas bersama-sama nanti siapa capres-cawapresnya, begitu,” kata dia.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Sebelumnya SBY mengungkapkan pertemuannya dengan Prabowo menghasilkan sejumlah kesepakatan.

Salah satu kesepakatan yang dicapai adalah kesamaan visi dan misi sebagai dasar untuk membangun koalisi dalam pilpres 2019.

SBY mengungkapkan sejak awal, jalan koalisi kedua parpol terbuka sangat lebar.

“Jalan untuk bangun koalisi ini terbuka lebar, apalagi setelah kami berdua sepakat atas apa yang menjadi persoalan bangsa 5 tahun ke depan, sepakat atas apa yang diinginkan rakyat dan masyrakat, grassroot sebelum kita berbicara kolisi,” ujar SBY dalam jumpa pers bersama Prabowo di kediamannya, Kuningan, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Baca Juga : SBY Mengaku Jalan Demokrat Berkoalisi dengan Jokowi Penuh Rintangan

SBY menuturkan bahwa isu dan visi serta misi ini perlu disepakati lebih dulu sebelum menyatakan koalisi. Jika hal ini sudah disepakati, maka koalisi pun bisa lebih mudah terbangun.

“Saya katakan tersedia (berkoalisi). Koalisi yang efektif yang kokoh harus berangkat dari niat baik, good will. Harus saling menghormati, mutual respect, dan saling percaya, mutual trust dan memiliki chemistry yang baik,” ujar SBY.

Usai pertemuan malam ini keduanya bersepakat kedepan untuk melakukan pertemuan yang lebih rutin dan teknis untuk menuju koalisi.