Didakwa Politik Uang, 2 Caleg Golkar Dibebaskan PN Ungaran

Kabupaten Semarang – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Ungaran menjatuhkan vonis bebas dari semua tuntutan pada dua terdakwa politik uang, Siti Ambar Fatonah serta Sarwono. Atas vonis bebas untuk dua calon legislatif Partai Golkar itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) langsung mengatakan banding.

Majelis hakim terbagi dalam Tri Retnaningsih SH (ketua) serta Hendra Yuristiawan SH dan Wasis Priyanto SH (menjadi anggota). Majelis hakim memandang pemberian uang oleh terdakwa dalam acara pentas wayang kulit di Dusun Kalikembar, Desa Pakopen, Bandungan, Kabupaten Semarang ialah penuhi keinginan pengundang untuk menolong acara. Majelis hakim memiliki pendapat pemberian uang menjadi kepedulian sosial beberapa terdakwa.

“Membebaskan terdakwa Siti Ambar Fatonah serta terdakwa Sarwono dari tuduhan itu dari oleh sebab tuduhan ke-2 itu. Terdakwa Siti Ambar Fatonah serta Sarwono dapat dibuktikan dengan resmi serta menyakinkan lakukan tindakan yang didakwakan padanya, namun tindakan itu bukan adalah satu tindak pidana,” kata Majelis Hakim, Tri Retnaningsih, dalam sidang vonis di PN Ungaran, Senin (19/11/2018).

Dengan putusan itu, majelis hakim melepas ke-2 terdakwa dari semua tuntutan hukum atau onslag van recht vervolging. Diluar itu ke-2 terdakwa mesti dipulihkan hak-haknya. Sedang tanda bukti uang mesti dikembalikan pada masyarakat Dusun Kalikembar serta uang masalah ditanggung pada negara.

Baca Juga : Bupati Pakpak Bharat Diduga Instruksikan Semua Kepala Dinas untuk Atur Pengadaan

Ke-2 terdakwa mengatakan terima atas putusan majelis hakim. Sedang JPU waktu itu langsung mengatakan banding. “Ada banyak ketidakkonsistenan majelis hakim dalam ambil putusan. Kelak akan kami tuang dalam dengan sedetailnya di ingatan banding ,” kata JPU, Raharjo Budi Kisnanto SH.

Awal mulanya, JPU menuntut terdakwa hukuman penjara saat 2 bulan serta denda Rp 2,5 juta subsider 3 bulan kurungan. Akan tetapi persidangan ini hari, majelis menjatuhkan vonis terlepas.