DPR Optimistis RKUHP Bakal Disahkan di Rapat Paripurna Terakhir

JAKARTA – Ketua DPR Bambang Soesatyo menuturkan bila Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) saat ini masih dalam proses dalam pembahasan oleh Komisi III DPR. Ia meyakini, RUKHP bakal selesai di DPR periode 2014 2019.

“Masih on progress, Komisi III masih pembahasan-pembahasan,” ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Sepengetahuan dia, sejauh ini tidak ada lagi pasal yang mengganjal dalam pembahasan itu. Dia pun optimistis RKHUP di bakal disahkan dalam rapat paripurna terakhir pada September 2019.

“Tapi sejauh yang ketahui tidak lagi pasal-pasal yang mengganjal. Hanya harmonisasi poin-poin yang perlu diselaraskan dengan pemerintah,” katanya.

“Insya Allah. Target yang kita selesaikan dan kita tuntaskan,” tuturnya.

Sementara, Anggota Panitia Kerja (Panja) RKHUP, Desmond Mahesa menyatakan tidak ada lagi yang diperlu dipermasalahkan dari draf RKHUP yang terkahir. Menurut dia tinggal tujuh poin yang belum disepakati dan akan segera dituntaskan.

Baca Juga : KIPER JUVENTUS TAK SABAR HADAPI NAPOLI

“Dari tujuh poin yang belum disepakati bahwa tujuh poin itu harus dikompromikan dengan catatan-catatan,” ujar Desmond.

Desmond juga meyakini bila nantinya RKHUP bisa disahkan dalam rapat paripurna terakhir. Meskipun masih terdapat tujuh poin yang belum disepakati.

“Dari proses menurut saya, dengan waktu yang hampir sebulan ini rasanya terkejar ya karena pemerintah sudah menjelaskan itu,” ujar Desmond.