Hari Paling Berdarah, Pasukan Israel Tewaskan 55 Warga Palestina

Hari Paling Berdarah, Pasukan Israel Tewaskan 55 Warga Palestina

                GAZA CITY, Senin (14/5/2018) jadi hari paling berdarah di Gaza mulai sejak perang 2014. Otoritas Palestina mengatakan pasukan Israel sudah menewaskan 55 orang serta melukai 2. 700 orang dalam benturan tempo hari.

AFP memberikan laporan, militer Israel mengatakan ada sekitaran 40. 000 warga Palestina yang ambillah sisi dalam tindakan memprotes serta bentrok di 13 lokasi, menentang pembukaan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem. Korban tewas termasuk juga 8 anak dibawah umur 16 th..

Massa berkumpul di dekat perbatasan. Beberapa demonstran melemparkan batu mendekati serta berupaya menerobos pagar, dengan penembak tepat Israel yang bersiap pada tempat.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menginformasikan masa bekabung sepanjang tiga hari.

” Hari ini, lagi, pembunuhan pada warga kita selalu berlanjut, ” ucapnya.

Disamping itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyebutkan, tiap-tiap negara mempunyai keharusan membuat perlindungan perbatasannya.

Baca Juga : Kutuk Bom Surabaya, MUI Nilai Aktor Teror Tidak Beragama

” Kami selalu membuat perlindungan kedaulatan serta warga negara kami, ” tuturnya, seperti ditulis dari BBC.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyebutkan, prajuritnya menembaki orang yang ikut serta dalam kesibukan menjurus terorisme, bukanlah pada demonstran.

” Kami sudah melihar ada tiga grup berlainan, mereka kenakan peralatan teroris dengan senjata, berusaha untuk menanam ranjau di tiga titik berlainan, ” ucap juru bicara militer Israel Jonathan Consricus.

Dia mengklaim, massa dibubarkan dengan gas air mata serta aksi beda sesuai sama ketentuan.

Sepanjang sebagian minggu terkahir, tindakan memprotes serta benturan di perbatasan Gaza sudah menewaskan 109 warga Palestina mulai sejak 30 Maret.

Tak ada warga Israel yang tewas serta militer hadapi kritik atas pemakaian senjata api pada tindakan memprotes rakyat Palestina.

Support by : kompas.com