Hasil Liga 1, Bali United di Ambang Juara setelah Kalahkan PSM 1-0

Hasil Liga 1, Bali United di Ambang Juara setelah Kalahkan PSM 1-0

              Bali United berada di ambang juara Liga 1 usai menang tipis 1-0 atas PSM Makassar dalam duel di Stadion Andi Mattalatta Matoangin, Makassar, Senin (11/6/2017) malam. Stefano Lilipaly menjadi pahlawan kemenangan Bali United karena mencetak gol saat injury time.

Raihan tiga poin ini membawa Bali United ke puncak klasemen sementara dengan torehan 65 poin dari 3 laga yang dilakoni. Namun posisi tim besutan Widodo Cahyono Putra ini masih bisa dikudeta oleh Bhayangkara FC jika menang atas Madura United, Rabu (8/11/2017), karena kedua tim terpaut dua angka.

Hasil ini juga sekaligus memupus harapan PSM menjadi juara karena meskipun dalam laga pamungkas mereka memang, tim berjulukan Juku Eja ini kalah head-to-head dengan Bali United. Poin maksimal PSM adalah 65, seperti yang diraih Bali United saat ini.
Baca Juga : Wacana Rumah Berlapis Ala Anies-Sandiaga, Terobosan Baru atau Hanya Ganti Nama?

Duel berlangsung seru sejak peluit kick-off berbunyi lantaran hanya kemenangan yang membuka peluang kedua tim merengkuh trofi Liga 1. PSM melancarkan serangan tetapi aksi gemilang Wawan Hendrawan bisa mengamankan gawang Bali United.

Bahkan, sempat terjadi ketegangan di antara dua penyerang Bali United, Sylvano Comvalius dan Lilipaly, pada menit ke-41. Comvalius marah dengan keputusan Lilipaly yang tidak memberikan umpan kepadanya, sehingga dia menghampiri Lilipaly dan sempat mendorong rekannya tersebut. Tak terima, Lilipaly pun membalas sehingga sempat terjadi ketegangan di antara mereka sebelum dilerai oleh rekan-rekannya dan wasit.

Awal babak kedua, PSM mengancam lewat tendangan bebas Willem Jan Pluim tetapi masih bisa diamankan Wawan Hendrawan. Bali United mendapatkan peluang lewat Comvalius pada menit ke-51 namun tendangannya masih bisa ditepis Rivki Mokodompit.

Ketat dan kerasnya pertandingan ini bisa dilihat dari statistik karena tercatat hingga menit ke-65, terjadi 39 pelanggaran, 17 dilakukan PSM dan 22 dilakukan Bali United.

Hingga menit ke-90, tak ada gol yang tercipta hingga ada tambahan waktu lima menit. Selama injury time, Bali United lebih banyak memberikan tekanan, mulai dari sundulan Irfan Bachdim yang sudah mengarah ke gawang yang kosong tapi bola masih bisa disapu oleh Zulkifli Syukur.

Pada menit ke-95, Comvalius dan Lilipaly yang sebelumnya berseteru, menjadi mimpi buruk bagi PSM, karena kerja sama dua pemain asal Belanda ini menghasilkan gol. Comvalius yang menyisir dari sisi kiri pertahanan PSM melepaskan umpan ke mulut gawang yang dicocor oleh Lilipaly untuk memastikan Bali United menang 1-0.

Susunan Pemain

PSM Makassar: Rivki Mokodompit (GK); Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah (C), Wasyiat Hasbullah, Steven Paulle, Marc Klok, Rizky Pellu, Willem Jan Pluim, M Rahmat, Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga

Pelatih: Widodo C Putro

Bali United: Wawan Hendrawan (GK); Ricky Fajrin, Ahn Byung Keon, Agus Nova, Dias Angga Putra, Nick Van Der Velden, I Gede Sukadana, Taufik, Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Sylvano Comvalius

Pelatih: Robert Rene Alberts

Support by : kompas.com