Hasil Rekapitulasi KPU, Ganjar-Taj Yasin Menangi Pilkada Jawa Tengah

JAKARTA – Pasangan calon gubernur serta wagub, Ganjar Pranowo serta Taj Yasin, memenangkan Pilkada Jawa Tengah 2018.

Berdasar pada laporan hasil rekapitulasi nada serta penetapan hasil hitungan nada yang di terima Kompas. com, Ganjar-Yasin beroleh prosentase 58, 78 % dengan pencapaian 10. 362. 694 nada.

Selain itu, pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah beroleh prosentase 41, 22 % dengan pencapaian 7. 267. 993 nada.

Pada awal mulanya, Ketua Komisi Penentuan Umum (KPU) Arief Budiman mengemukakan, sampai Minggu (8/7/2018), jam 17. 00 WIB, 111 daerah di tingkat propinsi, kabupaten, serta kota sudah merampungkan rekapitulasi serta penetapan hasil hitungan nada pada Pilkada Serentak 2018.

Mengenai rinciannya, dari 154 kabupaten serta kota, baru 105 daerah yang sudah lakukan rekapitulasi nada serta penetapan hasil penentuan.

Selain itu, dari 17 propinsi, baru ada enam propinsi yang sudah lakukan rekapitulasi nada serta penetapan hasil.

” Maka data yang kami berikan, data per jam 17. 00 sore. Sejumlah 105 pilkada kabupaten, kota serta enam propinsi yang telah masuk ke kita. Maka keseluruhan 111 daerah kabupaten, kota, propinsi, ” tutur Arief dalam konferensi pers di KPU, Jakarta, Minggu (8/7/2018) sore.

” Maka kami selalu lakukan rekapitulasi, kelak bakal kami infokan bila telah masuk semuanya, ” kata Arief.

Menurut Arief, ada tiga lokasi yang alami penundaan. Kabupaten Jayawijaya serta Mimika tunda rekapitulasi nada serta penetapan hasil penentuan. Selain itu, Kabupaten Panai tunda sistem penentuan.

Baca Juga : Polisi Tangkap Pencuri Barang Pegawai KSP, Moeldoko Beri Apresiasi

Dari data KPU yang didapat Kompas. com, enam propinsi yang sudah lakukan rekapitulasi nada serta penetapan hasil pilkada yaitu Bali, Jawa Tengah, Lampung, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur.

Mendekati rapat pleno Komisi Penentuan Umum Propinsi Sulsel, tempat rapat mulai disterilisasi oleh pihak kepolisian.