Honda Jajaki Pemasaran Pesawat Pribadi HondaJet di Indonesia

Honda Jajaki Pemasaran Pesawat Pribadi HondaJet di Indonesia

           JAKARTA,  Honda mengenalkan pesawat jet pribadi buatannya, Honda HA-420 atau yang familiar disebut HondaJet kepada sejumlah media di Jakarta, Selasa (26/9/2017). Kedatangan HondaJet di Indonesia ini merupakan yang pertama kalinya semenjak pesawat tersebut di-rollout.

Kesempatan ini juga dijadikan oleh Honda untuk menjajaki pasar business jet di Indonesia dengan mengenalkannya ke sejumlah pembeli potensial. Meski demikian, Director of Sales Honda Aircraft Company, Vishal V. Hiremath menegaskan, Honda belum secara resmi membuka penjualan HondaJet HA-420 di Indonesia.

“Kami baru melakukan evaluasi dan menjajaki potensi penjualannya di Indonesia,” kata Vishal saat dijumpai KompasTekno di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Selatan.

Meski demikian, Vishal yakin HondaJet HA-420 akan diminati di Indonesia. Hal itu menurutnya, didukung oleh besarnya nama brand Honda di Tanah Air di dunia otomotif.

Baca Juga : Status Gunung Agung Awas, Alat Berat Disiagakan

“Honda sudah dikenal dan memiliki hubungan emosional yang kuat dengan konsumen di Indonesia, itu yang menjadi kekuatan kami,” katanya.

HondaJet HA-420 merupakan pesawat jet ringan dengan dua mesin, yang mampu mengangkut lima hingga tujuh penumpang.
HondaJet HA-420 selesai diproduksi dan melakukan terbang perdana pada 3 Desember 2003. Kemudian, pengiriman perdana ke konsumen dilakukan pada Desember 2015.

Hingga semester pertama 2017 lalu, HondaJet HA-420 menjadi pesawat jet kelas ringan yang paling banyak dikirim. Sebanyak 24 pesawat HondaJet HA-420 telah dikirim dari pabrik perakitan di Greensboro, North Carolina, AS, kepada sejumlah konsumen di AS dan Eropa.

Pasar jet pribadi (private atau business jet) di Asia memang kian membaik seiring dengan menguatnya ekonomi di kawasan ini, setelah sempat terpuruk pada 2015 lalu.

Jumlah pertumbuhan pesawat jet pribadi di Indonesia pada 2015 menurut riset yang dilakukan Dassault Falcon sebesar 16 persen. Angka pertumbuhan tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan di Asia yang sebesar 6 persen

Setidaknya, pada 2015 lalu, sudah ada 52 jet pribadi di Indonesia. Jumlah itu meningkat dari sekitar 30-an pesawat pada 2011 lalu.

Support by : kompas.com