Inflasi Mei Terkendali Didukung Harga Bahan Pokok yang Terjaga

JAKARTA – Bank Indonesia menyatakan, turunnya inflasi Indeks Harga Customer (IHK) per Mei 2018 didorong rendahnya harga keperluan pokok (volatile food) serta komponen harga yang ditata pemerintah (administered prices).

Inflasi Indeks Harga Customer (IHK) pada Mei 2018 sebesar 3, 23 % (yoy). Angka ini lebih rendah dibanding bln. terlebih dulu sebesar 3, 41 % (yoy).

” Inflasi volatile food pernah bertambah diakhir th. 2017. Namun, dimuka th. 2018 masuk hari-hari besar keagamaan inflasi malah mulai melambat, ” tutur Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi serta Moneter Bank Indonesia, Reza Anglingkusumo, Selasa (5/6/2018).

Inflasi, ia meneruskan, relatif terbangun di semua propinsi di Indonesia. Ada juga inflasi paling rendah berlangsung di lokasi Bali serta Nusa Tenggara sebesar 2, 9 %.

Ada juga propinsi dengan inflasi teratas yaitu Sulawesi sebesar 3, 31 %.

” Tidak berada di propinsi kita yang inflasinya tinggi, semuanya terbangun diantara 3, 5 plus minus 1 %, ” tutur dia.

Disamping itu, inflasi volatile food juga relatif terbangun dibawah 5 %. Walau sekian, terdapat banyak lokasi yang butuh diwaspadai seperti Banten, Jawa Tengah, serta Daerah Istimewa Yogyakarta.

” Tapi pada umumnya volatile food masih tetap terbangun dibawah 5 %. Untuk beberapa daerah yang pantas diwaspadai itu juga bukanlah didorong oleh terbatasnya produksi, namun aspek beda seperti cost distribusi yang dapat juga mengatrol harga bahan pokok, ” kata Reza.

Menurutnya, inflasi volatile food yang teratasi di dukung dengan perubahan harga sebagian komoditas yang ada dibawah rata-rata historisnya sepanjang 3 th. terkahir.

Baca Juga : Melania Kemungkinan Tak Dampingi Trump saat Bertemu Kim Jong Un

Diluar itu, aplikasi Harga Eceran Teratas (HET) juga jadi aspek beda yang melindungi inflasi tetaplah rendah.

” Beras serta product holtikultura, seperti cabe serta bawang, harga nya relatif teratasi. Bila beras karna telah ada kebijakan import beras yang melindungi kestabilan harga, sesaat untuk panen cabai pada saat panen kesempatan ini relatif bagus hingga pasokannya terbangun, ” katanya.