Israel Klaim Hancurkan Terowongan Hamas yang akan Digunakan untuk Serangan

TEL AVIV – Militer Israel mengklaim sudah kembali merusak terowongan yang digali oleh Hamas dari Jalan Gaza ke arah ke lokasi Israel.

Dikatakan jubir militer Israel, Jonathan Conricus, terowongan itu ialah terowongan ke-15 yang sudah dihancurkan militer Israel dalam kurun waktu satu tahun paling akhir.

Terowongan itu yang diprediksikan selama satu km. serta bermula dari lokasi Khan Yunis di Gaza selatan memanjang sampai masuk lokasi Israel selama 200 mtr..

Tidak ada korban jiwa dari penghancuran terowongan itu, yang proses pembangunannya sudah dipantau oleh militer Israel dalam beberapa waktu paling akhir.

“Terowongan itu mempunyai skema yang kompleks dengan beberapa koneksi serta cabang,” kata Conricus, pada Kamis (11/10/2018), dikutip AFP.

Akan tetapi Conricus tidak bersedia menuturkan bagaimana terowongan itu dihancurkan serta cuma menyebutkan militer memakai tehnik eksperimen tempur.

Israel dalam beberapa waktu paling akhir sudah memakai tehnologi yang dapat menjumpai serta merusak terowongan tiada lakukan pemboman.

Lewat cara yang dipakai itu, terowongan langsung kembali terisi material hingga tidak bisa kembali dipakai.

Diluar itu, militer Israel ikut tengah bangun tembok bawah tanah di seputar Jalan Gaza untuk menghambat terowongan yang dibuat grup Hamas.

Project tembok bawah tanah itu diskedulkan bisa tuntas pada 2019 yang akan datang.

Baca Juga : Polisi Tahan Operator Perusahaan Limosin yang Kecelakaan di New York

Conricus memberikan, terowongan paling akhir yang dihancurkan itu disangka memakai cara baru yang ditujukan untuk hindari metore deteksi Israel.

Tiada menuturkan lebih detil, Conricus cuma menyebutkan terowongan itu diperlengkapi saluran listrik serta ada piranti komunikasi.