Jika Perang Lawan Rusia dan China, AS Terancam Kalah

WASHINGTON DC – Satu laporan mengatakan militer Amerika Serikat ( AS) beresiko menanggung derita kekalahan bila berkonflik dengan Rusia ataupun China.

Laporan itu dikeluarkan Komisi Taktik Pertahanan Nasional yang dibuat Kongres AS untuk memberikan pandangan dengan netral.

Dilaporkan BBC Kamis (15/11/2018), komisi itu diketuai Eric Edelman. bekas petinggi Pentagon di masa Presiden George W Bush.

Dalam laporan itu, kemampuan militer AS yang menguasai dalam beberapa generasi paling akhir mulai tergerus serta mesti dicarikan jalan keluarnya.

“Kelebihan militer Amerika sudah terkikis dalam tingkat yang begitu beresiko. Rintangan yang perlu diatasi bila tidak mau keamanan nasional jadi taruhannya,” demikian bunyi laporan itu.

Peringatan pada pemerintahan Presiden Donald Trump itu muncul sesudah biaya pertahanan terancam dipangkas pada tahun fiskal 2018 serta 2019.

Terjunnya AS ke perseteruan Timur Tengah seperti Irak serta Afghanistan memberi imbas negatif sebab pasukan hampir tidak menjumpai rintangan bermakna.

Tidak hanya mereka tidak terima intimidasi dari hawa, militer AS disana ikut tidak mendapatkan persoalan di bagian komunikasi seperti pemakaian GPS.

Di lain sisi, China serta Rusia sudah pelajari militer AS serta lakukan peremajaaan pada angkatan bersenjata mereka.

Mereka memodernisasi militer berbasiskan dengan kemampuan tradisionil mereka, sekaligus juga mulai mencegah AS dalam tempat yang mereka kuasai.

Salah satunya contoh ialah intervensi yang dikerjakan Rusia di Ukraina tunjukkan kemampuan penghancur dari artileri Moskwa.

Didukung dengan perlengkapan yang mutakhir, mereka membuat tentara Ukraina tidak berkapasitas sekalian selalu sembunyikan kemampuan mereka.

Baca Juga : Komentar Sandiaga soal Megawati yang Kasihan kepada Prabowo

Laporan itu memberi animo pada pemerintahan Trump yang mulai fokus diri pada Negeri “Panda” serta Rusia.

Akan tetapi diambil CNN, komite mengkritik taktik dari pemerintah tidak diimbangi keterangan gol apakah yang ingin diraih militer.

Taktik Pertahanan Nasional Trump sangat terpaku pada anggapan serta kurang analisa yang berimbas pada pertanyaan gawat tidak terjawab bagaimana AS melawan rintangan.