JK: Sumpah Pemuda Dulu untuk Merdeka, Sekarang untuk Kemajuan dan Keadilan

Agen Judi Online – Wakil Presiden ke-12, Jusuf Kalla (JK), bicara masalah persatuan bangsa ditengah-tengah keberagaman. JK menyebutkan persatuan cuma dapat berlangsung bila kemakmuran serta keadilan dapat terwujud di Indonesia.

Awalannya JK bicara dalam diskusi bertopik ‘Memupuk Rasa Persatuan serta Toleransi pada Perbedaan’ berkaitan Sumpah Pemuda. Ia menyebutkan sumpah yang perlu dikerjakan sekarang yaitu sumpah tingkatkan kemakmuran serta keadilan di Indonesia.

“Sumpah Pemuda sendiri itu ialah kemauan menyatu untuk merdeka pada saat itu, pasti kemauan itu tidak berkaitan pada saat ini, kemauan saat ini menyatu untuk perkembangan serta keadilan. Karenanya karena itu jika kita ingin bicara mengenai generasi muda yang pikirkan hari esok pasti melakukan beberapa hal yang dapat raih arah berbangsa itu,” kata JK waktu memberikan sambutan di gedung Gajahmada Lemhanas RI, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019).

Selanjutnya JK menerangkan lebih jauh masalah keadilan. Ia menyebutkan ada 15 perselisihan besar yang berlangsung semenjak Indonesia merdeka sebab ketidakadilan.

“DI/TII, Permesta, Aceh, G30S, Poso, Ambon dan lain-lain, itu semua konflik-konflik yang hampir semuanya dikarenakan ada perasaan tidak adil. Sepuluh dari 15 (akar permasalahan perselisihan) itu ialah ketidakadilan, jadi jika kita ingin jaga persatuan itu adalah jaga keadilannya serta maju, sebab walaupun adil tetapi tidak maju salah,” tutur JK.

Baca Juga : Brescia Vs Inter: Lukaku Menatap Torehan Diego Milito

Diluar itu JK menyentuh masalah kemakmuran serta perkembangan ekonomi. Ia menyebutkan perselisihan serta perpecahan akan berlangsung bila masih ada ketidakadilan dalam kemakmuran.

“Jika tumbuh ekonomi tetapi tidak adil ya dapat perselisihan . Oleh karena itu sisi dari semua negara semua bangsa, maju yang adil. Antara kita telah berupaya, bertanggungjawab saya, barusan disebutkan Wakil presiden nomor 10, nomor 12, saya tanggung jawab , tetapi kita usahakan, keutamaan bagaimana kurangi kemiskinan, tetapi pasti yang diperlukan lebih dari itu, apa langkah orang makmur yang adil,” katanya.

JK memberi pesan supaya warga Indonesia semuanya harus mulai mengusahakan beberapa hal yang riil untuk menyatu. Menurut JK tidak dapat cuma membaca Pancasila tetapi mulai benar-benar menerapkannya

“Satu kali lagi saya ingin sebutkan, usaha persatuan apa pun kita setiap hari baca Pancasila serta bhinneka tunggal ika, tetapi perkembangan negara tidak imbang dengan tempat kita, selanjutnya ketimpangan yang berlangsung adalah benih-benih perselisihan yang dapat berlangsung, karenanya saya hargai usaha persatuan ini. Tetapi satu kali lagi persatuan itu diurus dengan hal yang riil, cuma itu yang tetap kita usahakan,” ucap JK.