Jokowi Melayat ke Rumah Duka Eka Tjipta Widjaja

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk melayat atas meninggalnya pemilik Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja di rumah duka Sentosa RSPAD Gstot Subroto, Jakarta, Senin (28/1/2019).

“Dari Istana Merdeka sebelum ke Istana Bogor, Presiden melayat mendiang Eka Tjipta Widjaja,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Kepresidenan Bey Machmudin, Jakarta, Senin (28/1/2019)

Kehadiran Jokowi di rumah duka Sentosa RSPAD berlangsung selama setengah jam dari sekira pukul 18.00 WIB dan keluar sekira pukul 18.30 WIB. Jokowi kemudian langsung menuju Istana Kepresidenan Bogor.
Eka Tjipta menghembuskan nafas terakhir pada Sabtu 26 Januari 2018, sekira pukul 19.43 WIB. Managing Director Sinar Mas Gandi Sulistiyanto mengatakan, mendiang akan dikebumikan di pemakaman keluarga yang berada di Desa Marga Mulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

“Jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Desa Marga Mulya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada hari Sabtu 2 Februari 2019,” kata Gandi dalam keterangan resmi.

Eka Tjipta lahir di Fujian, Republik Rakyat Tiongkok pada 27 Februari 1921 silam. Di usia 9 tahun, ia dan sang ibu hijrah ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk menyusul sang ayah.

Di usia 15 tahun, Eka sudah membantu perekonomian keluarga dengan menjual permen dan biskuit. Bakat bisnisnya terus berkembang hingga akhirnya Eka menjadi pendiri kerajaan bisnis Sinar Mas yang membawahi ratusan perusahaan yang bergerak di bidang properti, pulp and paper, jasa keuangan, agribisnis dan makanan, telekomunikasi, energi dan infrastruktur.

Baca Juga : AHMAD DHANI BANDING, KPU BELUM BISA CABUT STATUS CALEGNYA

Ayah dari 7 anak ini juga mempunyai yayasan bernama “Eka Tjipta Foundation” yang fokus di bidang pendidikan dan perwujudan ekonomi berkeadilan.

Hingga Desember 2018, Forbes mencatat total kekayaan Eka sebanyak USD8,6 miliar atau Rp121,2 triliun (kurs Rp14.100). Ia pun dinobatkan menjadi orang terkaya ketiga di Indonesia.