Jokowi Resmikan Pabrik Obat Kalbe Farma

Jokowi Resmikan Pabrik Obat Kalbe Farma

            CIKARANG, Presiden Joko Widodo resmikan pabrik bahan baku obat serta product biologi di Cikarang, Selasa (27/2/2018). Pabrik ini didirkan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) lewat anak usaha PT Kalbio Global Medika (KGM).

Pantauan Kompas. com, Jokowi tiba di tempat jam 08. 40 WIB.

Dalam sambutannya, Jokowi mengakui suka karna ada 3 segi sekalian dalam peresmian pabrik ini, yaitu investasi, inovasi tehnologi, serta kesehatan.

Pertama, di bagian investasi, Jokowi mengakui senantiasa menguber Menteri Kesehatan serta Menteri Perindustrian apakah telah ada pabrik baru yang dibangun.

” Hari ini saya suka sekali, pabrik yang telah dibuat 3 th. ini dapat diresmikan serta telah siap beroperasi, ” kata Jokowi.

Ke-2, dalam Jokowi juga lihat ada inovasi tehnologi dalam pabrik ini. Sebab, pabrik obat ini tidak sekali lagi memakai bahan baku kimia, namun bahan baku bio tehnologi.

” Ini satu lompatan keatas hingga sangka tidak ditinggal negara beda, ” kata Jokowi.

Segi ke-3, yaitu di bagian kesehatan. Jokowi mengakui suka pabrik ini jadi satu diantara sarana yang dapat menolong pemerintah lakukan investasi di bagian sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga : Dijerat Masalah Narkoba, Roro Fitria Kehilangan Banyak Pekerjaan

” Kesehatan adalah prioritas paling utama dalam pembangunan SDM, ” kata Jokowi.

Sesudah mengemukakan sambutan, Jokowi lakukan penekanan tombol serta penandatanganan prasasti. Presiden didampingi oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala Tubuh Pengawas Obat serta Makanan Penny K Lukito, dan Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius.

Vidjongtius menyebutkan, peresmian pabrik bahan baku obat serta product biologi ini adalah bentuk prinsip Kalbe untuk ambil gagasan serta mendorong terwujudnya industri farmasi yang terintegrasi, terutama dalam soal kemandirian bahan baku, penguasaan tekno|ogi dan penambahan export.

“Kami mengharapkan KaIbe bisa memberi peran semakin banyak untuk ketersediaan obat serta product kesehatan berkualitas untuk tingkatkan kesehatan orang-orang lndonesia, ” kata dia.

Keseluruhan investasi PT Kalbio Global Medika pada step awal menjangkau Rp 500 Miliar. Sejumlah Rp 300 Miliar dipakai untuk membuat sarana produksi, sesaat Rp 200 Miliar bekasnya dipakai untuk penelitian serta pengembangan dan transfer tehnologi dari pihak China serta Korea Selatan.

Koalisi parpol pendukung Jokowi di pilpres 2019, makin gemuk sesudah PDI Perjuangan juga resmi mengusung Jokowi.

Support by : kompas.com