Kasus Hilangnya Jurnalis Arab Saudi, Trump Kirim Pompeo Temui Raja Salman

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menjelaskan dianya sudah bicara dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud serta mengulas masalah hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul.

Dikutip dari AFP, Trump menjelaskan bila Raja Salman sudah mengakui pada dianya jika dianya tidak paham tentang apakah yang mungkin berlangsung pada jurnalis Arab Saudi itu.

“Barusan bicara dengan Raja Salman yang menyangkal tahu apakah yang mungkin berlangsung pada ‘warga Arab Saudi kami’,” kata Trump dalam account Twitter-nya, pada Senin (15/10/2018).

Trump memberikan jika dianya akan selekasnya mengutus Menteri Luar Negeri Mike Pompeo untuk berjumpa dengan raja Saudi.

Presiden Trump sudah lakukan tindakan berhati-hati dalam masalah hilangnya Khashoggi, yang akhir kali tampak waktu masuk kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Akan tetapi presiden berumur 72 tahun itu sudah sempat meneror akan menjatuhkan “hukuman berat” jika dapat dibuktikan jurnalis Saudi itu sudah dibunuh serta jenazahnya dibuang.

Walau demikian, Trump menyatakan jika dianya akan tidak ambil resiko yang bisa meneror persetujuan berharga miliaran dolar dalam penjualan senjata ke Kerajaan Saudi, yang disebutnya menjadi sekutu strategis di Timur Tengah.

Sesaat, beberapa petinggi Saudi diberitakan sudah mengijinkan untuk dimulainya penyidikan serta proses penelusuran oleh team penyelidik Turki untuk masuk gedung konsulat di Istanbul pada Senin (15/10/2018).

Sumber diplomatik Turki menjelaskan, diinginkan proses penelusuran yang ikut menggandeng pemerintah Saudi itu bisa dikerjakan mendekati malam.

Awal mulanya, kepolisian Turki menyimpulkan jika jurnalis Saudi yang hilang sudah dibunuh serta tubuhnya dimutilasi sebelum dibuang.

Baca Juga : Bos IMF Acungkan Jempol untuk Indonesia

Klaim itu diperkokoh dengan pernyataan terdapatnya bukti rekaman nada yang tunjukkan masa-masa Khashoggi diinterogasi serta dibunuh.

Turki menuduh aktor eksekusi ialah sekumpulan pria masyarakat Saudi yang hadir serta ada di konsulat di Istambul saat yang sama juga dengan Khashoggi.