Kemenhub: Tol Trans Jawa Siap Digunakan Saat Natal dan Tahun Baru 2019

JAKARTA – Kementerian Perhubungan memastikan Tol Trans Jawa siap digunakan saat musim libur Natal dan Tahun Baru 2019. Kesiapan itu dipastikan usai Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi melakukan peninjauan di ruas tol tersebut beberapa waktu lalu.

“Kemarin saya sudah jalan dari Surabaya ke Semarang waktunya singkat sejali. Jalan Tol Jakarta-Surabaya sudah siap dilalui saat Natal dan tahun baru,” ujar Budi di kantornya, Selasa (18/12/2018).

Budi menambahkan, Presiden Joko Widodo akan meresmikan empat ruas Tol Trans Jawa pada 20 Desember 2018 mendatang. Keempat ruas tol tersebut, yakni Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Boyolali-Kartasura dan Wilangan-Nganjuk.

Dengan diresmikannya tol tersebut, masyarakat sudah bisa melintasinya saat libur Natal 2019.

Menurut Budi, di sekitaran Tol Trans Jawa masih ada beberapa pengerjaan proyek. Namun, dia memastikan pengerjaan itu tak akan mengganggu arus lalu lintas.

“Kemarin masih ada penyelsaian pekerjaan jembatan di Wilangan menuju Kertoaono, ada empat fly over, cuma penyelsaian tidak di main roadnya, di sampingnya,” ucap dia.

Baca Juga : WIRANTO TANTANG PRABOWO PERTARUHKAN RUMAH SOAL PERNYATAAN INDONESIA PUNAH

Selain mempersiapkan ruas tol, Kemenhub juga nantinya akan mempersiapkan jalan nasional yang akan digunakan masyarakat. Selanjutnya, jalir alternatif juga telah disiapkan untuk mengantisipasi jika terjadi kemacetan parah.