Kepuasan Kinerja Jokowi 58,8%, Moeldoko: Pasti Dievaluasi

Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pastikan pemerintahan Jokowi menilai kapasitas yang sekarang mendapatkan score kenikmatan 58,8% di survey Kompas. Jokowi disebutkan akan cari langkah baru untuk menilai kapasitas.

“Ya tentulah tetap dievaluasi dari sekian waktu, selanjutnya cari langkah baru. Jika langkah lama mungkin tidak cocok, mencari langkah baru. Kan style Pak Jokowi semacam itu, bagaimana supaya semuanya dapat berjalan,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).

Moeldoko mengemukakan pemerintah akan kerja keras agar tingkat kenikmatan bertambah. Walau sekarang ada beberapa sasaran yang belum terwujud.

“Kita bukan hidup di ruangan hampa. Kita hidup di lingkungan global dimana interdependensi itu tinggi sekali. Hingga ada masalah ekonomi yang ditarget tidak dapat terwujud, ada masalah lain ditarget tidak terwujud,” kata Moeldoko.

Baca Juga : Ditunggu! Gol Pertama Salah ke Gawang MU

Lalu, apa telah senang atas nilai kenikmatan 58,8%?

“Ya kan jika pemerintah pokoknya prinsipnya cari yang tambah lebih baik . Kapasitas itu tidak cuma tuntutan warga, tapi kapasitas tuntutan internal juga. Memang kita punyai sasaran,” sebut Moeldoko.

Tingkat kenikmatan kapasitas ini turun-naik sesuai dinamika pemerintahan yang berlangsung sepanjang lima tahun. Sampai Oktober 2019, sebagian besar responden atau sekitar 58,8% responden mengatakan pada umumnya senang pada kapasitas pemerintahan Jokowi-JK.

Survey Litbang Kompas ini dikerjakan lewat interviu lihat muka pada 19 September-4 Oktober 2019. Sekitar 1.200 responden diambil dengan acak setahap. Tingkat keyakinan survey 95% dengan margin of error sebesar 2,83 %.

Survey mengukur tingkat kenikmatan responden pada kapasitas pemerintah di bagian-bagian tersendiri. Di bawah ini hasilnya di survey Oktober 2019:

Bagian Politik serta Keamanan: 64,3%
Bagian Hukum: 49,1%
Bagian Ekonomi: 49,8%
Bagian Sosial: 59,4%