Kerjakan Bongkar Muat Mencurigakan di Tengah Laut, TNI AL Juga akan Check Kapal Vietnam

Kerjakan Bongkar Muat Mencurigakan di Tengah Laut, TNI AL Juga akan Check Kapal Vietnam

                NUNUKAN, TNI AL di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, mengakui juga akan lakukan kontrol pada kapal berbendera Vietnam, Dong Thien Phu Golden, yang didapati juga akan lakukan aktivitas bongkar muat di dalam laut dengan 4 kapal kayu dari Negara Filipina.

Komandan Pangkalan TNI AL di Kabupaten Nunukan Letkol Laut (P) Machri Moko menyebutkan, kapal yang berisi 2. 900 ton muatan dari Vietnam dengan tujuan Negara Malaysia itu dicurigai membawa barang terlarang karna lakukan aktivitas yang mencurigakan.

“Indikasi bongkar tidak cocok dengan pelabuhan, janganlah jangan ada muatan beda, mungkin saja narkoba atau apa, ” katanya Minggu (22/04/2018).

Mengingat tingginya masalah penyelundupan narkoba di wilaya perbatasan Kabupaten Nunukan, TNI AL merencanakan juga akan lakukan kontrol lebih cermat dengan membawa kapal itu ke Pelabuhan Tunontaka Nunukan.

Dalam kontrol TNI AL Nunukan juga melibatkan BNN Nunukan, Bea Cukai Nunukan, KSOP, Satreskoba Polres Nunukan, Unit K 9 Polres Nunukan serta Balai Karantina Kabupaten Nunukan.

Baca Juga : Data Berlainan, Banyak Paspor WNI Tidak diterima Imigrasi Malaysia

” Bila hari ini tidak ketemu besok kita teruskan. Kita belajar dari Batam tempo hari baru hari ke-3 ketemu, walau sebenarnya ruang yang di check itu itu juga, ” paparnya.

Terlebih dulu, satu kapal berbender Negara Vietnam diamankan oleh TNI AL di lokasi perairan perbatasan Sebatik Kabupaten Nunukan pada Kamis (19/04).

Terkecuali mengamankan kapal yang mempunyai ABK 10 warga Vietnam serta 3 ABK berkewarganegaraan India itu, TNI AL Nunukan juga mengamankan 4 kapal dari negara Filipina yang disangka juga akan lakukan aktivitas ilegal bongkar muat barang dengan kapal kapal Dong Thien Phu Golden ditengah laut.

“Paling lama 3 hari, bila tidak ketemu bukti cukup, ya kita terlepas, ” tuturnya.

Support by : kompas.com