Kesal Karhutla Riau Meluas, Jokowi: Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan!

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian untuk menindak tegas para pelaku pembakaran hutan.

Jokowi ingin seluruh pembakar hutan bisa dihukum baik perseorangan maupun perusahaan besar yang telah menganggu aktivitas warga karena dampak karhutla.

“Saya minta juga aparat hukum bertindak tegas, baik kepada perusahaan maupun perorangan!” tegas Jokowi saat melakukan ratas penanagan karhutla di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019) malam.

Jokowi juga menginstruksikan Satgas Karhutla untuk segera melakukan pencegahan agar api tak meluas. Menurut Jokowi, tindakan pencegahan merupakan upaya yang paling realistis karena lahan gambut sulit dipadamkan.

“Lakukan pencegahan agar tidak merembet ke lokasi-lokasi lain baik di gambut maupun di hutan, apalagi sudah masuk ke wilayah pemukiman,” jelasnya.

Baca Juga : ROBERTO FIRMINO TAK TERNILAI HARGANYA BAGI LIVERPOOL

Jokowi menyesalkan Sathas Karhutla yang tak tertib sehingga ratusan hekatare lahan terbakar yang mengakibatkan polusi udara. Padahal, seharusnya Satgas Karhutla sudah berpengalaman dalam mencegah kebakaran di lahan gambut sejak 2015.

“Setiap tahun tidak perlu lagi rapat seperti ini, otomatis menjelang musim kemarau itu harus sudah siap. Sebetulnya itu saja tapi kita lalai, sehingga, asapnya jadi membesar,” keluhnya.