Korut Ancam Batalkan Gagasan Pertemuan dengan Trump

Korut Ancam Batalkan Gagasan Pertemuan dengan Trump

            PYONGYANG, Pemerintah Korea Utara pada Rabu (16/5/2018) meneror akan membatalkan gagasan pertemuan tingkat tinggi pada Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 12 Juni 2018 di Singapura.

Korut juga membatalkan perbincangan tingkat tinggi minggu ini dengan Korea Selatan. Latihan militer paduan pada Korsel dengan Amerika Serikat dimaksud jadi pemicunya.

” Ada batasan dalam tunjukkan kemauan baik serta tawarkan kesempatan, ” catat kantor berita resmi Korut KCNA, seperti diberitakan AFP.

Korut mengatakan, latihan pada dua pasukan udara sekutu adalah latihan untuk invasi serta jadi provokasi militer yang disengaja.

” AS mesti berfikir 2 x mengenai nasib pertemuan puncak Korut-AS, ” lanjut KCNA.

Pemerintah AS menyebutkan akan selalu berencana pertemuan di Singapura pada 12 Juni yang akan datang.

” AS juga akan lihat apa yang Korut sudah katakan dengan berdiri sendiri, serta selalu bekerjasama erat dengan sekutu kami, ” kata sekretaris pers Gedung Putih Sarah Sanders dalam satu pernyataan.

Baca Juga : Hari Paling Berdarah, Pasukan Israel Tewaskan 55 Warga Palestina

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert membetulkan ada latihan militer paduan AS-Korsel pada Selasa (15/5/2018).

” Kami belum juga mendengar apapun dari pemerintah berkaitan atau pemerintah Korsel yang memberikan indikasi kami supaya tidak selalu lakukan latihan ini, ” ucapnya, seperti ditulis dari CNN.

” Kami butuh memverifikasinya untuk memperoleh info penambahan mengenai itu, namun kami selalu berencana pertemuan kami bln. depan, ” paparnya.

Yonhap memberikan laporan, latihan militer paduan ke-2 negara diklaim jadi sisi dari program kursus teratur tahunan.

Latihan sepanjang dua minggu yang diawali Jumat lantas ini melibatkan 100 pesawat tempur, termasuk juga delapan pesawat tempur F-22 serta beberapa pesawat bomber B-52, dan jet F-15K.

Support by : kompas.com