KPU Kabupaten Semarang Tetapkan Kemenangan Ganjar-Yasin di Pilgub Jateng 2018

UNGARAN – Komisi Penentuan Umum (KPU) Kabupaten Semarang mengambil keputusan kemenangan pasangan Ganjar Pranowo – Taj Yasin atas Sudirman Said – Ida Fauziah dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Nada Penentuan Gubernur serta Wakil Gubernur Jawa Tengah di Gedung PAUDNI, Ungaran, Rabu (4/7/2018) siang.

Sistem Rekapitulasi yang dijaga beberapa puluh aparat kepolisian bersenjata komplit itu berjalan lancar dengan sedikit perbaikan pada data pemilih yg tidak punya pengaruh pada hasil pencapaian semasing pasangan calon.

” Memanglah ada hal yang jadikan sedikit koreksi ini lumrah serta tak ada keberatan saksi. Cuma sebagian masalah yang kecil didalam belumlah sinkronisasi pada penulisan didalam daftar pemilih contohnya, namun tak punya pengaruh pada pencapaian nada, ” kata Ketua KPU Kabupaten Semarang Guntur Suhawan, selesai aktivitas itu pada Rabu sore.

Menurut Guntur, hasil rekapitulasi itu tak beralih dari system kalkulasi cepat KPU yang telah diumumkan pada awal mulanya, di mana pasangan calon nomer urut satu Ganjar-Yasin beroleh nada sebesar 64 % serta pasangan nomer urut dua Sudirman-Ida beroleh nada 36 %.

Mengenai rinciannya yaitu, Ganjar-Yasin beroleh 364. 169 nada, sedang Sudirman-Ida memperoleh sejumlah 183. 863 nada.

” Pencapaian nada aman, dari sistem di TPS hingga PPK serta hingga akhirnya di tingkat Kabupaten itu masih juga dalam batas berkelanjutan. Bermakna masih, ” paparnya.

Selain itu, untuk jumlahnya surat nada yang di terima termasuk juga cadangan 2. 5 % sejumlah 775. 779 lembar. Dari jumlahnya ini, surat nada yang dinyatakan rusak sesudah dilakuakn pensortiran sejumlah 188 lembar. Jumlahnya surat nada yg tidak dipakai termasuk juga bekas sejumlah 205. 273 lembar.

Guntur memberikan, jumlahnya nada sah pada Penentuan Gubernur Jawa Tengah 27 Juni 2018 lalu sejumlah 548. 032 serta nada tak sah 22. 286. Hingga jumlahnya keseluruhnya nada yang dipakai yakni sejumlah 570. 318.

” Untuk tingkat partisipasi orang-orang Kabupaten Semarang keseluruhannya sampai 75, 2 %, ” katanya.

Baca Juga : KPK Tetapkan Gubernur Aceh dan Bupati Bener Meriah sebagai Tersangka

Walau tingkat partisipasi sebesar 75. 2 % dibawah tujuan sebesar 77. 5 %, lanjutnya, tetapi proses Pilkada Jawa Tengah di Kabupaten Semarang dinilai sukses serta kondusif.

” Tak ada keberatan dari saksi ataupun Panwas (pada Rekapitulasi), ” selesainya.

Bermacam langkah unik dikerjakan orang-orang untuk menyemarakkan pilkada pilkada serentak 2018.