KPU: Seluruh Dokumen Bakal Capres-Cawapres Memenuhi Syarat, Tinggal Tunggu Penetapan

JAKARTA – Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asyari menyebut seluruh dokumen persyaratan pendaftaran bakal calon presiden ( capres) dan calon wakil presiden ( cawapres) telah dinyatakan memenuhi syarat (MS).

Status tersebut dinyatakan usai KPU melakukan verifikasi terhadap seluruh dokumen persyaratan pendaftaran, di antaranya adalah SKCK, ijazah, surat LHKPN, visi misi pasangan calon, susunan tim kampanye, hasil pemeriksaan kesehatan, dan masih banyak lagi.

“Dokumen persyaratan sudah dinyatakan MS,” kata Hasyim di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018).

Hasyim mengatakan, berita acara mengenai hasil verifikasi bakal capres-cawapres telah disampaikan pihaknya ke masing-masing liaisson officer (LO) tiap koalisi partai.

“Untuk penyampaian hasil verifikasi syarat pencalonan capres dan cawapres, itu sudah disampaikan KPU ke masing-masing LO gabungan parpol pada 19 (Agustus) lalu,” terang Hasyim.

Lantaran seluruh berkas sudah dknyatakan memenuhi syarat, selanjutnya, bakal capres-cawapres tinggal menunggu tanggal 20 September untuk ditetapkan sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta pemilu 2019.

Sebelumnya, KPU melakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan pendaftaran bakal pasangan calon pasa 11-14 Agustus 2018 lalu. Ditemukan sejumlah berkas yang masih belum dilengkapi dan harus diperbaiki bakal paslon.

Baca Juga : Jokowi: Eko Yuli Sejak Awal Percaya Diri, Alhamdulilah Tambah Satu Emas…

Selanjutnya, bakal paslon diberi waktu selama 18-20 Agustus 2018 untuk memperbaiki dan melengkapi berkas tersebut, untuk kemudian kembali diverifikasi oleh KPU.

Dari hasil verifikasi kedua, KPU menyatakan seluruh dokumen kedua bakal paslon telah lengkap dan memenuhi syarat.