KSP: Pemerintah Tak Organisir Buzzer, tapi Pakai Influencer untuk Hal Positif

Agen Bola Online – Kantor Staf Presiden (KSP) memperjelas jika pemerintah belum pernah mengatur buzzer. KSP menerangkan yang dipakai pemerintah ialah influencer untuk sampaikan pesan positif pemerintah.

“Satu kali lagi, belum pernah pemerintah mengatur (buzzer). Pemerintah pakai influencer iya, tetapi untuk maksud positif, untuk amplifikasi supaya kebijaksanaan diketahui rakyat sebab influencer punyai pengikut banyak, amplifikator dari beberapa pesan pemerintah yang positif,” kata Tenaga Pakar KSP Donny Gahral Adian dalam ‘Forum Dialog Salemba’ yang disiarkan YouTube ILUNI UI, Rabu (2/9/2020).

Donny juga menerangkan ada kejadian buzzer yang bela serta mengomentari pemerintah. Untuk buzzer pembela pemerintah yang melakukan tindakan sewenang-wenang, Donny mempersilakan warga melapor ke penegak hukum.

Baca Juga : ‘Tak Terbayangkan Bagaimana Jadinya Barcelona Tanpa Lionel Messi’

“Saya sebutkan jika loyalitas pemerintah tidak beralih. Jika ada buzzer bela pemerintah, tetapi triknya menyalahi hukum, ya silahkan saja laporkan proses dengan cara hukum. Saat saya diberi pertanyaan apa pemerintah dapat bubarkan buzzer, tidak mungkin karenanya bukan organik dari pemerintah,” kata Donny.

Donny menjelaskan, buzzer yang ada sejauh ini kerja dengan cara terus-terang serta sembunyi-sembunyi. Tetapi Donny menyebutkan jika pemerintah tidak dapat membuyarkan buzzer.

“Berarti aktornya multiplikasi. Kekuasaan dimana saja, ada yang terang-benderang, ada yang sembunyi. Jika oposisi sah itu di parlemen, partai politik, tetapi ada swasta . Ada yang terang-benderang, ada yang sembunyi. (Buzzer) pemerintah ada juga yang terang-benderang, ada yang terselinap,” tutur Donny.