Langkah Pertama Arief Sulistyanto sebagai Kepala Bareskrim Baru

JAKARTA – Inspektur Jenderal Polisi Arief Sulistyanto mengatakan, langkah pertama yang akan dilakukannya di jabatannya yang baru yaitu sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) adalah melakukan konsolidasi secara internal.

“Saya akan menginventarisir dulu semua, konsolidasi ke dalam dulu. Baru nanti saya kumpulkan seluruh direktur se-Indonesia, dari Polda sampai Polres-Polres jajaran untuk samakan visi dulu. Menyamakan persepsi arah kita kemana,” ujar Arief usai acara pisah sambut dengan mantan Kepala Bareskrim Polri Ari Dono Sukmanto di PTIK, Jakarta, Senin (20/8) malam.

Arief mengatakan, perlu mengumpulkan data-data, informasi lengkap mengenai perkara yang sedang ditangani, serta perubahan apa yang sudah terjadi di Bareskrim selama ia tinggal 4 tahun. Hal itu, kata Arief, akan menjadi arah dalam menentukan ke depan.

Arief dulunya pernah menjabat sebagai Direktur Ekonomi Khusus Bareskrim pada 2014 silam.

Dia berjanji akan menjalankan program dan visi misi yang telah dijalankan oleh Kabareskrim terdahulu, Komjen Ari Dono Sukmanto.

Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri yang baru dilantik Inspektur Jenderal (Irjen) Arief Sulistyanto usai acara pisah sambut dengan mantan Kepala Bareskrim Polri Ari Dono Sukmanto di PTIK, Jakarta, Senin (20/8) malam.

“Jangan takut sama saya, orang image-nya (kepada) saya menakutkan. Saya akan mengajak (semua jajaran di Bareskrim Polri) melaksanakan tugas dengan baik,” kata Arief.

Lebih lanjut, Arief menyampaikan kepada seluruh jajarannya untuk bekerja dengan baik dan benar.

“Selama mereka berbuat benar, saya akan menjaga mereka. Saya tidak akan melakukan hal-hal yang tidak baik dan ini perlu masyarakat sekarang mengharapkan satu proses hukum yang betul-betul berkeadilan dan ini mendukung program ke depan,” kata Arief.

Baca Juga : Ongkos Konstruksi di Jakarta Lebih Murah Ketimbang Singapura

Diberitakan sebelumnya, Kapolri menunjuk Inspektur Jenderal (Irjen) Arief Sulistyanto sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri.

Sebelumnya Arief pernah menjabat sebagai Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri, Staf Ahli Manajemen Kapolri, dan Kapolda Kalbar.

Pelantikan Komjen Ari Dono Sukmanto dan Irjen Arief Sulistyanto sebagai Wakapolri dan Kabareskrim Polri berlangsung di Ruang Rupatama Mabes Polri.