Maluku Diguncang 1.397 Gempa Sepanjang 2017

Maluku Diguncang 1.397 Gempa Sepanjang 2017

           AMBON, Maluku terdaftar jadi satu diantara lokasi di Indonesia yang riskan pada bencana gempa. Tiap-tiap tahunnya, propinsi dibagian timur Indonesia ini diguncang lebih dari 1. 000 kali gempa.

Berdasar pada data yang didapat Kompas. com dari Tubuh Meterologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Ambon, selama 2017 terdaftar Propinsi Maluku diguncang sejumlah 1. 397 kali gempa bumi.

” Keseluruhan gempa yang berlangsung di Maluku dari 1 Januari sampai 30 Desember 2017 itu sejumlah 1. 397 kali, ” kata Kepala Seksi Data serta Info BMKG Stasiun Geofisika Ambon, Andi Azhar Rusdin pada Kompas. com, Sabtu (30/12/2017).

Menurut Azhar, dari beberapa ribu kali gempa yang berlangsung di Maluku, gempa terbesar berlangsung di Kota Ambon pada akhir Oktober 2017, yang berkekuatan 6, 0 magnitudo. Selebihnya, ada yang 5 magnitudo sampai yang paling paling kecil dengan kemampuan diatas 2 magnitudo.

” Bila yang terdaftar di BMKG itu gempa terbesar berkekuatan 6, 0 magnitudo, ” kata Azhar.

Baca Juga : SURABAYA KINI PUNYA BUS RAMAH DIFABEL DAN ANTI-PELECEHAN SEKSUAL

Dia menyebutkan, dari beberapa ribu kali gempa yang berlangsung itu, sejumlah 58 kali dirasa getarannya. Bekasnya tidak dirasa karna kemampuan gempa yang relatif kecil.

” Dari 58 kali gempa yang turut dirasa getarannya itu, dua gempa bumi beresiko pada rusaknya, ” ucap Azhar.

Gempa yang berlangsung selama th. ini semakin banyak dibanding dengan yang berlangsung pada 2016. Pada 2016, gempa di Maluku terdaftar sejumlah 1. 147 kali dengan gempa paling besar berkekuatan 5, 7 magnitudo.

Maluku adalah lokasi yang riskan gempa serta tsunami. Sebab, Maluku ada pada pertemuan tiga lempeng besar, yaitu Pasifik, Indo Australia, serta Eurasia. Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia serta berjumpa lempeng Pasifik. Pertemuan dua ini buat terjadinya patahan yg tidak teratur.

Support by : kompas.com