Marquez Beberkan Keunggulan Motor Balap Honda

BARCELONA – Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, dan sejumlah pihak sebelum ini pernah mengatakan kalau motor balap Honda, RC213V, adalah motor yang sulit dikendarai. Akan tetapi, bagi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, RC213V justru memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya tangguh.

Crutchlow bisa mengatakan bahwa RC213V sulit dikendarai karena ia telah menjajal sendiri motor tersebut. Pembalap berpaspor Inggris itu beberapa kali terjatuh karena sulit baginya mengontrol RC213V. Begitu pun yang terjadi dengan Jorge Lorenzo, yang mana pembalap berjuluk X-Fuera itu sering mengalami kecelakaan menggunakan RC213V.

Kendati demikian, di tangan Marquez, RC213V justru menjadi monster yang menakutkan. Karena dengan menggunakan motor balap tersebut, Marquez kini mendominasi jalannya kejuaraan MotoGP 2019. Tercatat, dari sembilan seri yang telah dilangsungkan, Marquez sebanyak delapan kali mencapai podium.

Marquez pun menjelaskan bahwa ia sudah memahami dengan baik karakter RC213V, sehingga ia bisa mengontrolnya. Malahan, menurut Marquez, motor Honda sekarang lebih aman dikendarai ketimbang musim lalu lantaran sistem pengereman yang sudah lebih baik.

Baca Juga : JOKOWI: KITA BUTUH MENTERI YANG BERANI!

“Berdasarkan pandangan dari luar dan juga dari Cal, sepertinya itu bukan motor yang termudah. Tetapi pada akhirnya, jika Anda memahami motor itu, maka Anda harus memahami poin yang berbeda,” jelas Marquez, mengutip dari Speedweek, Minggu (14/7/2019).

“Tahun ini, kami mungkin kehilangan sesuatu di sasis, namun menang di titik yang berbeda. Tampaknya juga mesinnya memiliki tenaga lebih. Ini memungkinkan kami untuk mencoba menjadi sedikit lebih aman pada pengereman,” tukas Marquez.