Mengintip Biota Laut China Selatan dan Samudera Pasifik di Okinawa

NAHA – Janganlah cuma terkagum dengan keindahan alam tropis waktu bertandang ke Okinawa. Prefektur di Jepang ini dapat mempunyai object wisata buatan, bahkan juga satu diantara yang paling besar didunia.

Adalah Okinawa Churaumi Aquarium, akuarium raksasa dengan keseluruhan 77 tank. Akuarium ini menyipan juta-an mahluk laut, satu diantara yang ikonik yakni hiu paus (whale shark).

Akuarium berisi 7. 500 mtr. kubik air laut ini terdapat di 424 Aza Ishikawa, Kunigami. Seputar 55 km. dari Bandara Internasional Naha.

KompasTravel sudah sempat berkunjung ke tempat ini bersama dengan Okinawa Convention & Visitors Bureau (OCVB) Jepang, dengan penerbangan Jetstar rute Jakarta-Okinawa lewat Singapura, Sabtu (30/6/2018).

Megahnya bangunan dengan monumen hiu paus di gerbang telah bikin decak mengagumi akan saya bersama dengan rombongan. Bangunan akuarium empat lantai ini ada persis di bagian laut Okinawa yang berseberangan dengan Pulau Ie (Ie Jima).

Wisatwan berfoto di ikon Whale Shark Akuarium Churami Okinawa, akuarium paling besar di Jepang, ada di Kota Kunigami, Okinawa, Sabtu (30/6/2018)

Petualangan diawali dari lantai satu, yang berisi misteri laut dalam Okinawa. Disini wisatawan dipertunjukkan kehidupan di bawah 200 mtr., dimana ada biota unik seperti ikan serta terumbu karang yang keluarkan sinar dalam gelap.

Waktu itu rombongan segera beranjak ke lantai tiga. Disana kita dapat saksikan mahluk-mahluk laut dengan lebih khusus. Zone edukasi paling utama ini berupa sekat-sekat akuarium kecil dengan isi yang berlainan. Ada beberapa jenis terumbu karang, juga ikan-ikan tropis yang berenang di laut hangat.

Ada pula biota-biota kecil seperti plankton yang perlu dipandang dengan pertolongan kaca pembesar, maupun alat yang lain. Biota yang di sajikan memanglah dari yang paling kecil hingga yang raksasa.

Wisatawan menyimpan beberapa jenis karang yang berada di laut seputar Okinawa, melalui aquascape yang berada di Akuarium Churami Okinawa, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018). Aquarium ini merupakan yang paling besar di Jepang, ada di Kota Kunigami, Okinawa.

Untuk lihat fauna yang terbesar, Anda bakal diantar ke lantai dua. Disana ada giant tank, atau akuarium paling besar tempat sang raksasa while shark menunjukkan kegagahannya.

Wisatawan juga diantar lewat lorong-lorong akuarium yang indah untuk lihat giant tank itu. Setelah tiba, banyak wisatawan yang langsung berteriak mengagumi akan, lantaran tempat yang sangatlah besar seperti teater yang menghadap besarnya kaca giant tank dengan besar 35 kali 27 mtr..

Disana wisatawan dapat lihat beragam hewan Samudera Pasifik serta Laut China Selatan yang liar. Hewan-hewan besar yang menguasai mulai pari manta, kerapu raksasa, paus, hiu paus, tuna kuning, serta tongkol.

Wisatawan penuhi giant tank di Okinawa Churaumi Aquarium, salah merupakaAquarium paling besar di Jepang yang berisi ikan dari Samudera Pasifik serta Laut China Selatan, Sabtu (29/6/2018).

Di lantai ini dapat ada pusat penelitian hiu, tidak cuma yang terlengkap di Jepang, namun juga didunia. Ada rahang hiu raksasa yang dapat jadikan latar berfoto oleh wisatawan.

Baca Juga : Trump Mulai Beri Peringatan untuk Perang Dagang dengan Indonesia

Tempat paling akhir adalah Teater Oki Chan, teater yang ada diluar bangunan ini menghidangkan atraksi hewan, intinya lumba-lumba. Pertunjukan lumba-lumba disini istimewa lantaran berlatarkan lautan terlepas, dengan sebagian type lumba-lumba memiliki ukuran besar.
Wisatwan bersiap melihat pertunjuka lumba-lumba di dome Akuarium Churami Okinawa, Okinawa, Jepang, Sabtu (30/6/2018). Aquarium ini merupakan yang paling besar di Jepang, ada di Kota Kunigami, Okinawa.

Untuk Anda yang tertarik menelusuri misteri lautan Okinawa, dapat bertandang kesini mulai jam 08. 30-16. 00. Ticket yang perlu dibayar wisatawan yaitu 1. 850 Yen untuk dewasa, 1. 230 Yen untuk pelajar, serta 610 Yen untuk anak-anak.