Menko Mahfud Md Jelaskan soal RI Tak Ikut Campur Urusan Muslim Uighur

Agen Judi Online – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memperjelas jika pemerintah Indonesia tidak akan mencampuri permasalahan kekerasan pemerintah China pada muslim Uighur di Propinsi Xinjiang. Menko Polhukam Mahfud Md menerangkan tujuan pengakuan itu.

“Pak Moeldoko katakan kita tidak ikut serta, saya katakan tidak ikut serta, tetapi kita diplomasi lunak. Diplomasi lunak itu berarti bicara apa, tidak langsung ikut serta,” kata Mahfud selesai hadiri open house di tempat tinggal Menkominfo, Johnny G Plate, Jalan Bango I, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Rabu (25/12/2019).

Mahfud menerangkan diplomasi lunak itu bukan bermakna RI tidak lakukan apa-apa. Pemerintah masih lakukan beberapa langkah seperti menyebut Duta Besar China untuk mengulas permasalahan itu.

Baca Juga : Terungkap! Identitas Kerangka Manusia Dalam Septic Tank di Bantul

“Jika ikut serta kan langsung bertemu. Ini tidak ikut serta ya. Kita lunak saja seperti saya panggil dubesnya (China untuk Ri). Bagaimana, oke Indonesia tidak akan interferensi. Persis sama kok kalimat saya dengan Pak Moeldoko,” katanya.

Moeldoko awalnya menjelaskan pemerintah RI tidak ikut serta dalam permasalahan Uighur sebab setiap negara punya kedaulatan. Ia menjelaskan hal tersebut juga jadi standard jalinan internasional.

“Jadi pemerintah RI tidak ikut serta dalam soal negara China mengendalikan dalam negeri. Itu prinsip-prinsip dalam standard jalinan internasional,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (23/12).