Ombudsman Nilai Pengawasan Orang Asing Masih tetap Longgar

Ombudsman Nilai Pengawasan Orang Asing Masih tetap Longgar

              JAKARTA, Komisioner Ombudsman RI La Ode Ida menyebutkan, pengawasan pada orang asing yang datang ke Indonesia masih tetap longgar. Ini mengakibatkan banyak tenaga kerja asing (TKA) ilegal yang masuk ke Indonesia.

” Sekarang ini pengawasan orang asing masih tetap lowong, ” tutur La Ode di Kantor Ombudsman RI, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

La Ode mencontohkan pengawasan di titik-titik masuk orang asing di Indonesia, seperti bandara. Pengawasan, kata dia, cuma dikerjakan di bandara-bandara internasional.

Walau sebenarnya, La Ode berpandangan, pengawasan juga harus dikerjakan di bandara-bandara lokal. Sebab, tidak tutup peluang juga beberapa tenaga kerja asing (TKA) ilegal masuk lewat bandara-bandara yang bukanlah bandara internasional.

” Konsentrasi cuma di bandara internasional, bandara lokal tidak di check. Walau sebenarnya arusnya di bandara lokal, ” tutur La Ode.

Baca Juga : KPI Larang Peserta Pilkada Bermain Sinetron, Tim Berhasil Deddy-Dedi Meradang

Ia menyebutkan, pemerintah, termasuk juga Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum serta HAM mesti meyakinkan maksud kehadiran orang asing ke Indonesia. Diluar itu, visanya juga mesti di pastikan sesuai sama maksud kehadirannya.

Bukan sekedar itu, La Ode juga mengungkap, pengawasan mesti hingga masuk kedalam pabrik. Sebab, didalam pabrik bisa di pastikan kehadiran TKA, dalam hal semacam ini yaitu TKA ilegal.

” Sekarang ini tidak dapat deteksi hingga kedalam pabrik, ” ungkap La Ode.

Ombudsman RI juga sudah lakukan investigasi atas prakarsa sendiri ke beberapa lokasi di Indonesia. Satu diantara temuan dalam investigasi itu yaitu ada TKA yang dipekerjakan jadi buruh kasar di pabrik.

Support by : kompas.com