Panitia Klaim Sudah Temukan Merchandise Palsu Asian Games 2018

JAKARTA – Produsen merchandise resmi Asian Games 2018 mesti ditempatkan fakta kalau product mereka mulai dipalsukan oleh pembuat terkecuali pemegang lisensi resmi.

Direktur Merchandise Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Mochtar Sarman mengaku kalau panitia telah lihat segera temuan itu.

” Kami bisa laporan mulai banyak barang palsu, ” tutur Mochtar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Beberapa barang palsu itu memberikan logo Asian Games 2018 dan menonjolkan ciri-khas maskot resmi arena itu, yaitu Binbin, Atung, serta Kaka.

Meskipun demikian, kata Mochtar, panitia tidak lalu menuntut atau membawa ke jalur hukum beberapa pembuat beberapa barang itu. Pendekatan dialogis masih tetap jadi pilihan pertama.

” Perusahaan itu kami ajak dialog, kami kontak, ajak diskusi. Jadi bila dapat (kami) menjadikan lisensi dari pada (mereka) kucing-kucingan buat barang palsu, ” kata Mochtar.

Namun, lanjut Mochtar, bila usaha dialog tidak mempan jadi sisi keamanan Asian Games yang juga akan ambil aksi. Menurutnya, selama ini belumlah ada pembuat product palsu itu yang ” ngeyel “.

” Sampai kini masih tetap kooperatif. Ajak dialog dahulu lah, ” kata dia.

Baca Juga : Sempat Pesimistis, Valentino Rossi Enggan Kibarkan Bendera Putih di Kandang

Selain itu, Mochtar yakini orang-orang Indonesia telah cerdas untuk pilih barang yang asli. Pengagum Asian Games 2018 dipercaya tidak juga akan beli product abal-abal dari toko tidak resmi.

” Brand Asian Games dilindungi hak cipta. Mesti kita jagalah jangan pernah disalahgunakan, ” kata Mochtar.