Pelindo 1 Lepas Seribuan Pemudik Jalur Laut

MEDAN – Seribuan pemudik dilepas Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun bersama Senior Manajer Pelayanan Kapal dan Barang Pelindo 1, Mardiofi dari Kota Batam menuju Pelabuhan Bandardeli-Belawan, Medan.

Para pemudik yang akan merayakan Lebaran di Kota Medan ini berangkat pada Sabtu (9/6/2018) dengan menumpangi Kapal Kelud. Mereka adalah peserta Program Mudik Gratis Bareng Pelindo 1.

Pelindo 1 menyediakan satu kapal laut dengan rute Batam-Belawan untuk memfasilitasi pemudik pengguna jalur transportasi laut.

Rute ini akan melakukan dua kali pelayaran dengan jadwal keberangkatan 9 dan 11 Juni 2018. Setiap keberangkatan, kapal akan membawa penumpang sebanyak 1.000 orang dari Batam.

“Penambahan trip mudik via jalur laut ini karena tingginya antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis Pelindo 1. Ini program rutin kami setiap tahun untuk mendukung pemerintah dalam menyediakan transportasi mudik yang aman dan nyaman,” kata Mardiofi, Minggu (10/6/2018).

“Selain kapal laut, kami juga menyediakan armada bus bagi masyarakat yang akan melanjutkan perjalanan mudiknya ke kampung halaman,” sambungnya.

Tiba di Pelabuhan Belawan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan pelayanan. Para pemudik yang turun di terminal penumpang terbesar di Pulau Sumatera Bandardeli-Belawan akan mendapati berbagai fasilitas modern dan lengkap.

Dua unit garbarata menjadi akses memudahkan penumpang naik turun dari kapal. Juga tersedia ruang tunggu, guest house, ruang ibu menyusui, balai kesehatan, ruang kedatangan dan anjungan, musholla, serta alat dan fasilitas pelengkap lainnya.

Selain Batam, pada hari yang sama pelepasan program mudik gratis pun dilakukan di Pelabuhan Sri Bintan Pura-Tanjungpinang.

Pelindo 1 menyediakan 10 kapal laut yang berangkat dari Pelabuhan Tanjungpinang menuju Tanjungbalai Karimun, Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, dan Tanjung Samak.

Samsul, warga Tanjungpinang yang menikmati program mudik ke Bengkalis mengucapkan banyak terima kasih. Berkat Pelindo 1, dirinya bisa merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

Baca Juga : Bawaslu Antisipasi TPS Rawan Bencana dan Awasi Masa Tenang

“Kami sangat terbantu untuk pulang kampung. Kami masyarakat Tanjungpinang mengandalkan transportasi laut, apalagi untuk daerah Bengkalis, Tanjungbalai Karimun, dan Natuna. Program ini memberikan semangat untuk kami masyarakat berlebaran di kampung,” papar Samsul.

ACS Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menjelaskan, Pelindo 1 telah menyiapkan 12 kapal laut dan 45 bus pariwisata untuk melayani program mudik gratis dengan jumlah peserta 4.750. Meningkat dari tahun lalu sebanyak 2.150 orang.

“Ini salah satu prorgram BUMN Hadir untuk Negeri. Semoga masyarakat semakin merasakan manfaat yang diberikan Pelindo 1,” tuntasnya.