Pertama Kali, Penjualan Smartphone Terdaftar Menurun

Pertama Kali, Penjualan Smartphone Terdaftar Menurun

Penjualan smartphone di semua dunia sampai kini bertambah dari th. ke th., tapi pertumbuhannya berangsur melambat. Sampai lalu, pada kuartal-IV 2017 lantas, firma penelitian Gartner mencatat perkembangan negatif di market hp pandai.

Hal itu sekalian menandai pertama kali penjualan smartphone global alami penurunan mulai sejak Gartner mulai analisanya pada 2004.

Penjualan global smartphone turun 5, 6 % pada kuartal-IV 2017 dengan keseluruhan penjualan di kisaran 407 juta unit. Pada periode yang sama th. lantas, penjualan global smartphone dapat menembus angka 432 juta unit.

Ada apa dibalik penurunan penjualan smartphone? Gartner menyampaikan dua argumen. Pertama, ada angka penurunan upgrade dari fitur phone ke smartphone karna minimnya alternatif ultra-low-cost piranti atau piranti murah dan meriah. Beberapa yang memiliki fitur phone juga emoh berpindah.

Argumen ke-2 yaitu banyak customer yang pilih bertahan dengan smartphone jenis lama. Walau banyak vendor yang melaunching smartphone kelas premium dengan harga selangit, dengan spesifikasi, customer melihat tidak sangat banyak perubahan dari jenis terlebih dulu.

Baca Juga : Digugat Customer Reklamasi, Begini Respon Gubernur Anies

” Bahkan juga, saat keinginan atas kwalitas, konektivitas 4G, serta feature camera yang tambah baik tetaplah gencar, kenyataannya harapan tinggi malah melemahkan penjualan smartphone “, terang direktur penelitian Gartner, Anshul Gupta.

Penjualan smartphone global pada kuartal-IV 2017 oleh firma riset Gartner.
Penjualan smartphone global pada kuartal-IV 2017 oleh firma penelitian Gartner. (Gartner)

Meskipun nyaris semuanya vendor smartphone, mencatat penurunan penjualan pada kuartal-IV 2017, dua vendor China, Huawei serta Xiaomi, malah mencapai hasil positif, seperti KompasTekno kumpulkan dari GSM Arena, Minggu (25/2/2018).

Pada kuartal-IV th. lantas, Huawei sukses membukukan kenaikan penjualan 3 juta unit. Sesaat, Xiaomi menembus 13 juta unit, didongkrak oleh ekspansi pasarnya ke lokasi Asia Pasifik.

Laporan Gartner juga tunjukkan kalau Samsung serta Apple masih tetap merajai market smartphone global di tempat pertama serta ke-2 dengan berurutan. Meskipun demikian, keduanya sedikit alami penurunan penjualan sekitaran 2, 7 juta-an unit untuk Samsung serta sekitaran 3, 8 juta unit untuk Apple

Total penjualan smartphone global tahun 2017 berdasarkan hasil penelitian dari Gartner
Selama 2017

Untuk penjualan smartphone keseluruhannya selama 2017, Gartner mencatat kenaikan sevesar 2, 7 % dari 1. 485 miliar unit pada 2016 jadi 1. 536 miliar unit. Tetapi berlangsung fluktuasi antar kuartal.

Lima vendor besar kuasai pasar global smartphone pada th. kemarin. Dengan berurutan, tempat lima vendor smartphone tertinggi diduduki oleh Samsung, Apple, Huawei, Oppo, serta Vivo.

Adopsi sistem operasi sepanjang 2017 oleh firma riset Gartner
Sesaat untuk system operasi (OS) smartphone, Android jadi OS nomor wahid didunia sepanjang satu tahun paling akhir dengan kenaikan market berbagi (market share) dari 84, 8 % pada 2016 jadi 85, 9 %. Menaklukkan rivalnya, iOS yang mencapai market berbagi 14 %.
Support by : kompas.com