PKS Kritik Jokowi: Ipar Dilarang tapi Gibran Nyalon

Agen Bola Online – Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta Partai NasDem tidak mencalonkan iparnya, Wahyu Purwanto, di Pemilihan kepala daerah Gunungkidul. PKS memandang sikap Jokowi tidak persisten.

“Jika tujuannya (Jokowi minta Wahyu tidak mencalonkan) saya tidak paham. Tapi sikapnya (Jokowi) tidak persisten. Harusnya, jika di sini tidak memberikan dukungan, ya, di sini jangan dibantu, anak serta menantunya,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Mardani selanjutnya menyentuh salah satunya tuntutan waktu reformasi, yaitu pembasmian korupsi, kolusi, serta nepotisme (KKN). Mardani memandang Jokowi mengaplikasikan nepotisme.

“Saat Presiden, sinyal kutip, biarkan anak serta menantu maju (di pilkada), beliau kan tetap katakan ‘Saya tidak kampanye’, tetapi babnya KKN, nepotisme, dalam ini, kekeluargaan, kekerabatan bahasa Mbak Titi (Direktur Eksekutif Perludem) itu salah satunya yang kita ingin menghilangkan waktu tuntutan rakyat di reformasi, saat ini orang nomor 1 mengaplikasikan,” ucap Mardani.

Baca Juga : Sarri: Juventus Butuh Istirahat

“Ia tidak mempropagandakan, untuk saya mengaplikasikan. Ini untuk saya suatu hal yang benar-benar beresiko serta jelek demokrasi,” paparnya.

Mardani menyebutkan jalinan di antara anak serta menantu semakin dekat daripada ipar. Semestinya, ucap ia, Jokowi minta supaya putranya Gibran Rakabuming Raka serta menantunya Bobby Nasution tidak dicalonkan di pemilihan kepala daerah.

“Ya, kalaulah ada usaha (hilangkan asumsi politik dinasti), tidak sepadan. Anak serta menantu semakin lebih dekat daripada ipar. Harusnya yang di sini tidak diterima, disana tidak diterima . Tidak persisten. Harusnya satu sikap. Ditambah lagi pimpinan, pimpinan itu tidak bisa ada kebimbangan. Ia harus firm, polos, tegas, jelas,” tutur Mardani.

Awalnya, gagasan NasDem mencalonkan Wahyu Purwanto di Pemilihan kepala daerah Gunungkidul gagal. Presiden Jokowi minta Ketua umum NasDem Surya Paloh supaya partainya tidak mencalonkan iparnya itu.

“Bisa saya verifikasi jika ‘betul’ ada perbincangan di antara Pak Jokowi serta Pak Surya Paloh untuk Ketua umum NasDem yang pada akhirnya memutuskan tidak meneruskan penyalonan Pak WP dalam Pemilihan kepala daerah Gunungkidul,” papar Sekjen NasDem Johnny G Plate