PLN Listriki 13 Desa di Natuna

NATUNA – PT PLN melistriki 13 desa di Kepulauan Natuna, Propinsi Riau dalam program Natuna Jelas.

Acara itu dipusatkan di Desa Tanjung Batang, Pulau Sabang Mawang Kabupaten Natuna, Selasa (29/5/2018).

Direktur Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto menyebutkan program ini di gelar dalam rencana untuk memasok listrik di pulau-pulau paling depan, terluar, serta ketinggalan yang berada di Propinsi Kepulauan Riau.

” Supaya industri dapat berkembang dan untuk tingkatkan perekonomian, ” katanya.

Dalam program Natuna Jelas ini, PLN melistriki 13 desa di Kabupaten Natuna, yaitu Desa Pulau Tiga, Tanjung Kumbik Utara, Setumuk.

Yang lain yaitu Desa Selading, Sabang Mawang Barat, Tanjung Batang, Kadur, Tanjung Pala, Meliah, Terayak, Meliah Selatan, Subi Besar serta Subi Timur.

Diluar itu, pada program ini PLN juga tingkatkan jam nyala listrik jadi 24 jam penuh di 6 lokasi yang berada di Kab Natuna, yaitu Desa Pulau Laut, Serasan, Midai, Subi, Klarik serta Pulau Tiga/Sabang Mawang.

Untuk melistriki desa-desa itu, PLN memakai Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD).

Baca Juga : Cuaca Buruk di India, 47 Orang Dilaporkan Tewas Akibat Badai dan Petir

Wiluyo menjelaskan, PLTD jadi jalan keluar paling cepat untuk memasok listrik di bebrapa lokasi yg tidak dapat dilayani oleh jaringan PLN yang ada.

Program Natuna Jelas adalah sisi dari program Listrik Desa yang digagas oleh pemerintah.

Sekarang ini di Natuna ada 76 desa, serta dari jumlah itu ada 69 desa yang sudah berlistrik. Mengenai rasio elektrifikasi deaa berlistrik menjangkau 90 %.