Presiden Jokowi Diagendakan Bertemu Putin di Sela KTT ASEAN

JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan berjumpa Presiden Rusia Vladimir Putin di celah serangkaian Pertemuan Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang digelar di Singapura, 13-15 November.

Menurut Direktur Kerja Sama External ASEAN Kementerian Luar Negeri Benny Siahaan, pertemuan itu atas keinginan Putin.

“Dalam pertemuan ASEAN (Plus One) dengan Rusia, untuk kali pertamanya Presiden Putin hadir, mungkin diantaranya sebab Indonesia ialah koordinator pertemuan itu. Putin minta untuk berjumpa dengan Jokowi,” kata Direktur Kerja Sama External ASEAN Kementerian Luar Negeri, Benny Siahaan, di Jakarta, Kamis (8/11/2018), seperti dikutip Pada.

Presiden Jokowi serta Putin akan lakukan pertemuan bilateral di Singapura di antara pertemuan ASEAN-Rusia yang disebut sisi dari serangkaian KTT ASEAN ke-33.

Setelah itu, dalam pertemuan ASEAN-Rusia itu Presiden Joko Widodo akan mengemukakan pandangan bersama dengan beberapa negara anggota ASEAN pada Rusia.

“Jokowi akan membaca ‘ASEAN Common Statement’ yang disebut himpunan pandangan negara ASEAN pada Rusia,” tutur Benny.

Diluar itu, 10 negara anggota ASEAN serta Rusia akan mengulas masalah penambahan kerja sama dalam beberapa bagian, diantaranya di bagian keamanan dunia maya (cyber security) serta pendidikan.

Baca Juga : Sandiaga Mengaku Bersama Prabowo Bertemu Gus Sholah Bahas Ekonomi

Topik besar KTT ASEAN yang diusung selama saat keketuaan Singapura ialah “ASEAN Kuat serta Inovatif” atau Resilient and Innovative ASEAN.

Dalam serangkaian KTT ASEAN yang dikerjakan saat tiga hari itu, Presiden Jokowi gagasannya akan hadir seputar 17 pertemuan ASEAN, diantaranya pertemua ASEAN Plus Three, East Asia Summit (EAS), serta beberapa pertemuan ASEAN Plus One.