Presiden PKS Klaim Telah Ganti Caleg Eks Koruptor yang Masuk DCT

JAKARTA – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengakui kaget waktu tahu ada satu calon anggota legislatif bekas terpidana masalah korupsi yang masuk dalam Daftar Calon legislatif Masih (DCT) KPU.

Menurut Sohibul, Dewan Pimpinan Pusat PKS sudah memerintah semua deretan pimpinan partai di daerah untuk ganti calon legislatif eks koruptor.

“Kami telah jelas dari pertama memerintah tidak bisa ada itu serta waktu DCS (Daftar Calon legislatif Sesaat) tempo hari telah ada perbaikan, tidak ada nama itu. Saya juga kaget jika lalu ini masih tetap ada,” tutur Sohibul waktu didapati di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018) malam.

Berdasar pada Daftar Calon Masih (DCT) Pemilu Legislatif 2019, didapati PKS mengangkat satu nama calon legislatif eks koruptor di DPRD Kabupaten/Kota, yaitu Maksum DG Mannassa, Dapil Mamuju 2.

Sohibul menyampaikan, pihaknya akan ganti calon legislatif eks koruptor bila masih tetap ada peluang untuk ganti.

“Masih saya akan mencari serta jika masih tetap ada peluang ya dapat ditukar. Kelak kita teliti lagi,” kata Sohibul.

Baca Juga : Singapore Airlines Berhenti Kirim Kargo Tulang Singa dari Afrika Selatan

Keseluruhan calon legislatif PKS yang diputuskan Komisi Penentuan Umum (KPU) sejumlah 533 orang dari 80 Dapil. Jumlahnya itu terbagi dalam 321 calon legislatif lelaki serta 212 calon legislatif wanita.

Selain itu, menurut data KPU, keseluruhan ada 38 calon legislatif eks koruptor. Jumlahnya itu terbagi dalam 12 calon legislatif DPRD Propinsi serta 26 calon legislatif DPRD Kabupaten/Kota