PSG, Juara Pertama dan Terakhir Piala Liga Prancis

Agen Bola Online – Paris Saint-Germain sukses memenangkan Piala Liga Prancis pada musim 2019/20. Les Parisiens bisa menjadi juara paling akhir di kompetisi itu.

Di Stade de France, Sabtu (1/8/2020) pagi hari WIB, PSG kerja keras merampas piala ini dari tangan Lyon. Tidak berhasil cetak gol semasa 2×45 menit plus set penambahan, Neymar dkk baru keluar untuk juara sesudah menang beradu penalti 6-5.

Penambahan gelar ini pastikan PSG mendapatkan treble domestik pada musim ini, sebelumnya setelah sukses amankan gelar Ligue 1 serta Coupe de France. Tetapi mereka tidak bisa lagi mendapatkan gelar ini, karena Piala Liga Prancis akan ditiadakan mulai musim depan.

Pada September 2019, LFP sebagai operator pertandingan sepakbola karieronal di Prancis menyebutkan kompetisi ini akan disetop dalam rencana kurangi kepadatan agenda pertandingan. Dengan cuma tersisa Ligue 1 serta Coupe de France untuk pertandingan domestik, diinginkan istirahat beberapa pemain sepak bola di Prancis semakin lebih banyak.

Baca Juga : Mendagri Tito Tegur Pasha Berambut Pirang: Pejabat Harus Beri Contoh

“Penyetopan ini membuat kami dapat kurangi kepadatan agenda, yang dapat memberi waktu semakin banyak buat beberapa pemain untuk menyembuhkan diri” tutur pengakuan LFP, diambil BBC.

“Tetapi bergantung pada keinginan pasar, LFP bisa menggelindingkan kembali lagi pertandingan ini di masa datang,” sambung pengakuan itu.

Piala Liga Prancis, atau diketahui dengan nama Coupe de la Ligue, adalah pertandingan paling muda di Prancis. Tidak sama dengan Coupe de France yang memperkenankan semua club di persemakmuran Prancis untuk ikut, tempat ini cuma bisa diiringi oleh tim-tim di tiga seksi paling atas Liga Prancis.

Diadakan mulai 1994/95, kompetisi ini awalannya tercipta sebab ketidaksukaan tim-tim pro di Prancis dengan skema Coupe de France. Dengan pola satu leg saja, tim-tim seksi bawah dinyatakan tetap mendapatkan porsi tuan-rumah di kompetisi itu.

Khasnya, PSG adalah juara di edisi pertama pada 1995, serta saat ini mereka menjadi lagi juara di edisi penutup kesempatan ini. Keseluruhannya, Paris Saint-Germain adalah peraih piala paling banyak, yaitu 9 kali.

Dengan dihapusnya Piala Liga Prancis mulai musim depan, porsi ke Liga Europa melalui klassemen akhir Liga Prancis dinyatakan bertambah.