Rakernas PAN Putuskan Usung Prabowo sebagai Capres, tetapi…

JAKARTA – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN memutuskan untuk mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pemilu 2019.

Namun, Rakernas mengusung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ustaz Abdul Somad sebagai cawapres pendamping Prabowo.

Dua nama itu tak masuk dalam pertimbangan Prabowo. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyebut, dua nama yang tersisa untuk dipilih Prabowo sebagai cawapres adalah Agus Harimurti Yudhoyono dan Sandiaga Uno.

Keputusan Rakernas dibacakan Ketua DPP PAN Yandri Susanto di lokasi Rakernas, Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

“Dengan ini kami sampaikan. Memutuskan bahwa untuk capres yang akan diusung 2019 saudara Prabowo Subianto. Dan untuk cawapres yang pertama Zulkifli Hasan kedua Ustaz Abdul Somad,” ucap Yandri.

Dalam poin terakhir, Yandri menyatakan seluruh kader PAN sepakat untuk memberikan mandat kepada Zulkifli bila nantinya ada dinamika politik yang membutuhkan pengambilan keputusan cepat.

“Keputusan kedua, seluruh peserta Rakernas sepakat jika ada dinamika untuk segera diputuskan, maka seluruh peserta Rakernas PAN meyerahkan mandat sepenuhnya kepada Ketum PAN, untuk mengambil keputusan,” ujar Yandri lagi.

Baca Juga : Ma’aruf Amin: Saya Banyak Akurnya dengan Presiden, Cocok…

Sementara itu, Zulkifli tak menjawab tegas apakah keputusan kedua memungkinkan PAN merapat ke kubu Presiden Joko Widodo.

“Yang jelas diserahkan kepada ketua umum. Capresnya Pak Prabowo. Jelas,” kata Zulkifli lagi.