Rusia Cuma ” Mengira ” Swedia Menghasilkan Toksin Saraf

Rusia Cuma " Mengira " Swedia Menghasilkan Toksin Saraf

           STOCKHOLM, Rusia lewat duta besarnya untuk Swedia mengemukakan, tuduhan yang pernah diperuntukkan pada negara itu jadi pembuat toksin saraf cuma hanya sangkaan.

Pernyataan itu meneruskan pernyataan yang di sampaikan Kementerian Luar Negeri Rusia, pada Sabtu (17/3/2018) lantas, yang mengatakan empat negara pantas dicurigai jadi pembuat senjata kimia toksin saraf.

Waktu itu juru bicara kementerian mengatakan Inggris, Swedia, Ceko, serta Slovakia, yaitu negara yang sudah lama lakukan riset toksin saraf.

Ditulis dari AFP, karena pernyataan itu, Duta Besar Rusia di Swedia, Victor Tatarintsev di panggil ke kementerian luar negeri untuk memberi klarifikasi.

Baca Juga : Berpeluang Jatuh di Indonesia, Tiangong-1 Juga akan Tampak di 3 Kota Ini

” Pernyataan itu cuma hanya komentar, bukanlah keterangan resmi, ” kata Tatarintsev pada media lokal sesudah pertemuannya dengan Direktur Jenderal Masalah Politik Kementerian Luar Negeri Swedia, Anna Karin Enestrom, Selasa (20/3/2018).

Rusia dituduh jadi pihak yang bertanggungjawab pada serangan toksin saraf yang menerpa seseorang bekas agen ganda Sergei Skripal serta putrinya Yulia di kota Salisbury, Inggris, pada 4 Maret.

Tuduhan selalu dilontarkan pemerintah Inggris serta sebagian negara Eropa, walau Moskwa sudah berkali-kali menampik dengan tegas.

Hal itu berbuntut pada pengusiran 23 staf diplomatik Rusia dari London serta dibalas dengan langkah sama oleh Moskwa yang mengharuskan beberapa staf diplomatik Inggris meninggalkan negara itu dalam satu pekan.

Support by : kompas.com