Sandiaga Diimbau Polisi untuk Tebang Pohon Rapuh di Sudirman-Thamrin

Sandiaga Diimbau Polisi untuk Tebang Pohon Rapuh di Sudirman-Thamrin

           JAKARTA, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebutkan, beberapa besar pohon di Jalan Sudirman serta MH Thamrin juga akan dipindahkan untuk proses revitalisasi trotoar.

Tetapi, sebagian pohon yang telah rapuh juga akan ditebang dengan argumen keselamatan.

” Saya memperoleh input dari rekan-rekan Bareskim kalau satu diantara yang mereka cemaskan.kuatirkan, yang mereka saksikan, kalau pohon-pohon yang telah rapuh itu jadi malah membahayakan pemakai jalan, ” tutur Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2018).

Terlebih, sekarang ini Jakarta masih tetap dirundung cuaca berlebihan. Sandiaga menyebutkan, pohon yang rapuh ditebang supaya tidak mencemoohkakan pejalan kaki.

” Jadi yang dapat kami pindahkan, kami pindahkan. (Pohon) yang telah tidak layak sekali lagi, ya memanglah mesti ditebang, ” tuturnya.

Perpindahan pohon ini masuk dalam sisi pengaturan trotoar Sudirman-Thamrin. Nanti, jalur yang terlebih dulu jalur lambat juga akan jadi jalur spesial motor serta bus reguler. Pohon-pohon sebagai pemisah jalur lambat serta cepat juga akan dipindahkan.

Baca Juga : Dedi Mulyadi Awasi Mediasi Masalah Anak Tuntut Ibu Kandung di PN Bandung

Pengaturan trotoar serta jalan itu didanai kompensasi pelampauan keunggulan lantai bangunan (KLB) PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, PT Kepland Investama, serta PT Partner Panca Persada.

PT MRT Jakarta juga akan kerjakan trotoar di enam stasiun MRT. PT Kepland Investama kerjakan trotoar dari Patung Kuda Arjuna Wiwaha hingga Kali Krukut.

Sesaat PT Partner Panca Persada kerjakan trotoar dari Kali Krukut hingga Patung Pemuda serta Kartika Candra hingga Jakarta Convention Center.

Walau masih tetap memetik pro serta kontra, Anies percaya bila gagasan pencabutan larangan itu akan tidak menyebabkan kemacetan.

Support by : kompas.com