SBY Mengaku Jalan Demokrat Berkoalisi dengan Jokowi Penuh Rintangan

JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan pihaknya juga menjalin komunikasi dengan Presiden Joko Widodo. Namun, upaya Partai Demokrat untuk menjalin koalisi dengan kubu Jokowi rupanya menemui banyak kendala.

“Saya menjalin komunikasi dengan Pak Jokowi hampir satu tahun untuk menjajaki kemungkinan kebersamaan dalam pemerintahan. Pak Jokowi juga berharap Demokrat di dalam. Tapi kami menyadari banyak rintangan dan hambatan,” kata SBY dalam jumpa pers usai bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, Selasa (24/7/2018).

SBY menolak untuk menjabarkan rinci soal rintangan yang ditemuinya itu. Dia hanya mengatakan koalisi hanya bisa terbangun apabila ada saling percaya dan menghargai.

“Apabila iklimnya baik, kesediaannya untuk saling berkoalisi juga ada, ada mutual trust, respect. Itu yang jadi hambatan sekarang ini,” ucap SBY.

Sementara itu, SBY juga tidak secara gamblang mengatakan Partai Demokrat memutuskan berkoalisi dengan Partai Gerindra.

Baca Juga : Penetapan Gubernur Sumut Terpilih Hanya Dihadiri Ijek

Namun, dia menyampaikan kedua partai sepakat akan melakukan pertemuan lebih mendalam dan membentuk tim kecil yang merumuskan sejumlah kesepakatan visi dan misi bersama.

Usai pertemuan malam ini keduanya bersepakat kedepan untuk melakukan pertemuan yang lebih rutin dan teknis untuk menuju koalisi.