Surabaya Kini Punya Bus Ramah Difabel dan Anti-pelecehan Seksual

Surabaya Kini Punya Bus Ramah Difabel dan Anti-pelecehan Seksual

          SURABAYA, Pemerintah Kota Surabaya mulai th. depan juga akan menjalankan 8 unit bus angkutan umum baru. Terkecuali ramah untuk penumpang difabel, bus juga dimaksud anti-pelecehan seksual.

Bus dominasi warna merah memiliki ukuran lebar 2, 4 mtr. serta panjang 12 mtr. itu memiliki 67 orang, 41 penumpang berada duduk serta 26 penumpang berdiri.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad, menyebutkan, bus yang dinamakan ” Suroboyo Bus ” itu dimaksud ramah penyandang disabilitas.

Ada tombol spesial dekat pintu masuk untuk menyebut asisten pengemudi yang juga akan menolong penumpang difabel masuk ke bus.

Baca  Juga : NIGERIA BELI PESAWAT TEMPUR AS SEHARGA RP 8 TRILIUN

” Di bagian bawah pintu masuk, ada tuas yang bila ditarik bisa dilalui oleh kursi roda, ” tuturnya, Jumat (29/12/2017).

Irvan mengatakan, bus yang diperlengkapi dengan 9 CCTV itu juga aman dari pelecehan seksual, karna tempat duduk untuk penumpang lelaki serta wanita terpisah serta sama-sama bertemu.

” Tempat duduk warna merah muda untuk wanita, warna oranye untuk lelaki, ” ucapnya.

Bus juga diperlengkapi dengan system ” Panic Button “. Apabila ada keadaan kebakaran atau kecelakaan, pengemudi bus bisa menghimpit tombol spesifik, jadi alarm juga akan berbunyi serta pintu bus juga akan terbuka automatis.

Suroboyo Bus diujicoba melintas dari Balai Kota Surabaya ke jembatan Suroboyo di lokasi Pantai Kenjeran Surabaya. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini turut menaiki bus dalam eksperimen itu.

Support by : kompas.com