Tak Daftarkan Caleg hingga Besok, Parpol Dianggap Tak Ikut Pileg

JAKARTA – Komisi Penentuan Umum memperingatkan semua parpol untuk ada serta mendaftar calon legislatifnya di hari paling akhir pendaftaran besok, Selasa (17/7/2018).

Partai yang tidak ada serta mendaftar calegnya besok dipandang tidak ikut juga pada kontestasi Pileg 2019.

” Konsekuensi mereka yang tidak hadir hingga sampai batas waktu ya tidak mendaftar calon. Sesimpel itu, ” kata Komisioner KPU Ilham Saputra di gedung KPU, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Ia menyatakan tidak terdapat waktu perpanjangan pendaftaran untuk partai politik yang telat mendaftar calegnya baik di tingkat pusat, propinsi atau DPRD kabupaten/kota.

Pendaftaran di semuanya tingkatan akan ditutup dengan cara serentak pada Selasa malam jam 00. 00.

” Tak ada kompensasi waktu. Hingga sampai saat ini kita telah mensosialisasikan serta telah tentukan dalam ketentuan KPU jika pendaftran calon itu 4-17 Juli 2018. Jadi mesti semuanya besok, hari paling akhir, ” tutur Ilham.

Selama Senin hari ini, cuma satu partai politik yang mendaftar calegnya ke KPU RI, yaitu Partai Nasdem.

Sekitar 14 partai peserta pemilu yang lain lebih pilih menyerahkan daftar calegnya ke KPU pusat di hari paling akhir besok.

Baca Juga : Sandiaga: Pemilu 2019 Bukan Pertarungan Identitas, tetapi Program

Keadaan sama juga berlangsung di banyak KPUD Propinsi serta Kabupaten/kota. Banyak partai politik di tingkat daerah yang pilih hari paling akhir untuk mendaftar calon mereka.

Sabtu, 4 Agustus 2018 pendaftaran capres serta wapres 2019 di buka Komisi Penentuan Umum.