Tegaskan Netral, TNI : Tidak Ada TPS di Asrama Waktu Putaran Ke-2

Tegaskan Netral, TNI : Tidak Ada TPS di Asrama Waktu Putaran Ke-2

Tegaskan Netral, TNI : Tidak Ada TPS di Asrama Waktu Putaran Ke-2

Jakarta – TNI kembali menyatakan netralitasnya untuk Pilkada. Di pencoblosan Pilgub DKI putaran dua kelak, tempat pengambilan suara (TPS) tetaplah tak diijinkan di lingkungan TNI.

” Dari diundangkannya, UU nomor 34 mengenai TNI, TNI mesti netral, ” ungkap Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto di Mako Paspampres, Jalan Tanah Abang II, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2017).

Sama dengan waktu putaran pertama, TNI meyakinkan tidak ada TPS yang ada di asrama maupun perumahan prajurit TNI. Wuryanto menyatakan prinsip TNI yg tidak bisa berpolitik praktis.

” Untuk wujudkan kenetralitasan TNI itu, semuanya TPS, semuanya kesibukan, tidak cuma TPS, mengenai pilkada, itu tak bisa di lingkungan TNI, ” ucap jenderal bintang dua itu.

Untuk mengakomodir keluarga prajurit yang mempunyai hak nada dalam Pilgub DKI, telah ada penyusunan tempat pencoblosan. Keluarga prajurit dapat menyalurkan suaranya di TPS-TPS paling dekat dari lingkungan rumah mereka.

” Keluarganya milih di sekitaran TPS yang paling dekat. Diluar asrama serta lingkungan TNI, ” terang Wuryanto.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sendiri berulang-kali menyatakan netralitas prajurit dalam pilkada. Diluar itu, jenderal bintang empat itu juga meyakinkan kesiapan TNI untuk menolong Polri dalam pengamanan Pilkada.

” Janganlah ada prajurit TNI yang lakukan langkah tidak sama dengan pimpinannya serta janganlah ada prajurit TNI yang tidak mematuhi berbentuk apa pun. Netralitas TNI tetaplah mesti dijaga seperti rambu-rambu yang telah di sampaikan dalam Buku Saku Netralitas TNI, ” tegas Gatot, Selasa (14/2).

Baca Juga : Kontrak Baru Oezil Tidak Bergantung Wenger

” Prinsip telah kita berikan serta usaha juga telah kita kerjakan, TNI seutuhnya mensupport pekerjaan pengamanan Pilkada serentak, lantaran kita menginginkan sistem demokrasi itu jalan teratur, aman, damai, lancar, hingga meraih hasil yang diinginkan, ” lanjut dia.

Seperti di ketahui, pencoblosan Pilgub DKI putaran ke-2 bakal di gelar pada 19 April yang akan datang. Dua pasangan yang lolos di putaran ke-2 ini yaitu Basuki T Purnama (Ahok) -Djarot Saiful Hidayat serta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Support by Detik.com