Temukan Set-up yang Tepat Bikin Vinales Mampu Tampil Kompetitif

DOHA – Sejak melakukan perubahan set-up pada motor balapnya di MotoGP Thailand 2018 Oktober silam, Maverick Vinales kerap mendapatkan hasil yang memuaskan saat balapan. Bahkan hingga menjelang seri perdana gelaran MotoGP 2019, pembalap asal Spanyol itu masih terus tampil kompetitif.

Sebelum melakukan perubahan set-up tersebut, Vinales kerap mengeluhkan kondisi mesin motor Yamaha. Ia merasa tidak mampu bersaing dengan para pembalap lainnya. Akan tetapi, setelah melakukan perubahan, pembalap berjuluk The Top Gun itu langsung menyabet kemenangan di MotoGP Australia 2018.

Selepas musim kompetisi MotoGP 2018 berakhir, Vinales terus mencatatkan performa apik di tes pramuism. Tak ayal, kondisi tersebut membuat Vinales menjadi salah satu pembalap yang diunggulkan untuk bisa memenangkan seri perdana MotoGP 2019 di Qatar. Meski begitu, Vinales menerangkan bahwa akan ada sedikit perubahan pada motornya untuk menyesuaikan dengan kondisi di Qatar.

“Kami telah melakukan perkembangan besar terhadap motor ketika hendak memasuki tikungan-tikungan. Itu memungkinkan saya untuk memiliki ritme yang baik. Di lap cepat saya bisa mendapat manfaat dari ban. Di tikungan-tikungan, saya bisa menarik gas lebih awal dan mengambil momen ini,” beber Vinales, menyadur dari Speedweek, Sabtu (9/3/2019).

Baca Juga : BIAGGI YAKIN YAMAHA TAMPIL TRENGGINAS DI MOTOGP 2019

“Di kondisi panas seperti ini, ini sulit karena lintasan tidak memiliki cengkeraman. Akan tetapi, jika kami berhasil memperbaiki motor dalam kondisi sulit, itu akan bekerja lebih baik di bawah kondisi yang baik. Pada hari Jumat (sesi latihan bebas hari pertama) kami melihat bahwa motor kami berjalan dengan baik bahkan di kondisi panas, itu penting,” jelas Vinales.